get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengenali Dasar Modif Program Android, Mudah dan Cepat!

Jangan Panik, Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi HP Kemasukan Air

Senin, 08 Agustus 2022 | 10:56 WIB
header img
Ilustrasi cara mengatasi hp kemasukan air. (okezone.com)

BATU, iNews.id -  Ketika HP terkena air biasanya kamu akan panik dan cepat-cepat menyalakan hp kamu untuk memastikan ponsel rusak atau tidak. Walaupun saat ini terdapat benyak model ponsel yang tahan terkena air, tetapi elemen ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagaian produk HP yang beredear di pasaran saat ini. 


Cara mengatasi HP kemasukan air sebenarnya cukup sederhana. Tetapi, tidak dapat dilakukan asal-asalan.

Beberapa ponsel, khususnya model flagship, umumnya sudah dibekali fitur tahan air dan debu IP67 atau bahkan IP68.

Tetapi, jika tidak dilengkapi standar IP rating tertentu, otomatis pengguna harus lebih berhati-hati. Terutama jika setiap saat ponsel basah terkena hujan, atau bahkan juga terendam air.

Lalu bagaimana jalan keluarnya? Sebelum membawa ke servis centre atau gerai servis, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk HP yang kemasukan air:

1. Segera Matikan HP!

Solusi pertama dan yang terpenting adalah langsung mematikan handphone saat perangkat itu kemasukan air atau tersiram air. Kenapa? Karena ponsel memiliki banyak elemen yang rentang rusak. Bila air masuk ke ponsel menyala, besar kemungkinan terjadi korsleting listrik. Dampaknya, kerusakan dapat menyebar.

2. Segera Keringkan

Cara kedua, segera bersihkan dan keringkan semua bagian HP. Termasuk bagian layar LCD/AMOLED menggunakan lap kain atau tisu. Termasuk bagian selot USB C atau mikro USB.

3. Keluarkan Semua Elemen

Sesudah ponsel sudah kering, karena itu keluarkan semua elemen dalam ponsel. Dimulai dari kartu SIM sampai mikro SD.Lalu, keringkan dengan tisu atau lap.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut