get app
inews
Aa Read Next : Langkah Batasi Kecepatan WiFi Dengan Mudah dan Tepat

5 Langkah Mencari HP Hilang Melalui Internet Dengan Mudah

Selasa, 03 Januari 2023 | 13:48 WIB
header img
Langkah Mencari HP Hilang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hal yang paling menjengkelkan dari mempunyai suatu hal ialah kehilangan. Barang electronic seperti ponsel tentu saja jadi berlangganan lenyap jika pemiliknya asal-asalan.

Tidak boleh cemas jika ponsel anda lenyap, karena banyak langkah untuk mendapatinya kembali, baik itu lewat account google, apple, e-mail, program bawaan handphone, dan banyak yang lain.

5 Langkah Mencari HP Hilang Melalui Internet

Mayoritas handphone telah tersambung ke account Google atau Apple, yang tentu saja dapat mempermudah pencarian lokasi. Android tersambung ke account Google, dan iPhone tersambung ke account iCloud. Ke-2 account itu mempunyai peranan yang penting sebagai langkah pertama dalam mendapati smartphone hilang, yakni:

  • Mencari lokasi ponsel
  • Mengamankan dan hapus data di ponsel dari jauh
  • Membuat ponsel berdering
  • Mengirimi pesan khusus ke ponsel, untuk dibaca sang penemu ponsel

Ada banyak panduan dan langkah supaya smartphone anda bisa diketemukan jika terjadi kehilangan. Baca pembahasan berikut!

1. Melacak HP Android dengan Google Find My Piranti

Beberapa type ponsel sekarang ini telah banyak yang memakai sejumlah fitur hebat, dan ponsel tipe Android mempunyai feature untuk mendapati ponsel anda yang hilang.

Anda terhitung kelompok orang yang untung jika mempunyai ponsel berbasiskan Android. Kenapa? Karena smartphone Android telah diberi feature Find My Piranti yang paling bermanfaat ketika darurat.

Walau banyak yang menyepelekan feature ini karena dipandang cuma dapat mencari HP Android dan cari kehadiran smartphone lenyap, tetapi pada realitanya Google Find My Piranti mempunyai sejumlah fitur yang lebih penting.

Feature penting itu diantaranya dapat untuk check nomor IMEI, menghubungi handphone, mengamankan, mencari lokasi, sign-out account google, sampai hapus semua data di dalam handphone.

Berikut langkah memakai Find My Piranti untuk mencari smartphone hilang (dapat dari netbook dan handphone).

  • Membuka Google Find My Piranti di browser, selanjutnya login account google.
  • Google akan tampilkan box berisi info lokasi handphone terbaru, dan perlakuan yang dapat dilaksanakan. Google Find My Piranti ruanglaptop 2
  • Jika anda pilih PLAY SOUND, karena itu smartphone anda akan berdering sepanjang lima menit, ini bermanfaat untuk anda yang lupa menyimpan smartphone.
  • Jika anda pilih SECURE DEVICE, handphone akan terkunci dan di sign out dari account Google. Ada pula pilihan untuk tinggalkan pesan dan nomor yang bisa dikontak. Secure Piranti GFMD

Jika anda pilih ERASE DEVICE, anda akan hapus semua data di dalam handphone hingga aman dari penyimpangan. Handphone harus pada kondisi online, dan jika handphone off-line, penghilangan data akan dilaksanakan sesudah handphone online. Sesudah dihapus, Find My Piranti tidak bisa kembali mencari, menderingkan, atau mengamankan handphone anda.

2. Melacak HP Android dengan Location History

Google Location History adalah feature yang dapat dipakai untuk mencari ponsel hilang pada kondisi mati. Sama seperti yang kita tahu, Google simpan semua data anda, tidak kecuali data tiap lokasi yang sempat anda datangi.

Sama ini, Anda dapat mendapati lokasi handphone yang tersambung dengan account Google, terkecuali anda pernah menyengaja mematikan feature treking lokasi di google activity kontrol.

Persyaratan agar feature ini dapat bekerja ialah handphone harus tersambung dengan account google, dan anda dapat masuk ke account google itu. Berikut tahap-tahapnya:

  • Membuka google.com dan click Sign in (dianjurkan dari netbook) sign in account google
  • Click kotak-kotak disamping kiri simbol account, dan tentukan Akun penataan account google
  • Saksikan sisi Take the Privasi Checkup, lalu click Get started penataan privacy google
  • Tentukan Manage Location History mengatur riwayat lokasi
  • Tentukan tanggal yang ingin dilihat lokasinya, maka ada penampilan seperti berikut: Google location history

Baiknya ialah, google tampilkan data lokasi untuk saat saat ini, yakni tanggal ini, jam ini dan detik ini. Tetapi jika karena banyak hal misalkan account di log out oleh maling, atau treking lokasi dimatikan, anda cuma bisa menyaksikan lokasi paling akhir saat sebelum log out atau trekingnya dimatikan.(Saksikan langkah hacker ketahui sandi instagram anda).

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut