get app
inews
Aa Read Next : 5 Langkah Mencari HP Hilang Melalui Internet Dengan Mudah

Cara Mengatasi Memori iPhone yang Penuh Dengan Aman dan Mudah

Kamis, 27 Oktober 2022 | 14:32 WIB
header img
Cara Mengatasi Memori iPhone yang Penuh. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Memori penyimpanan yang penuh pada perangkat handphone berbasis iOS atau iPhone memang terasa mengganggu. Terutama jika kamu akan melakukan kegiatan seperti mengunduh aplikasi, mengambil video atau foto dan mengunduh sebuah dokumen.  Ada beberapa cara mengatasi memori iPhone yang penuh dengan aman dan mudah.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penuhnya memori pada perangkat iPhone kamu seperti terlalu banyaknya foto dan video, besarnya cache pada ruang penyimpanan, hingga banyaknya aplikasi yang makan terlalu banyak ruang penyimpanan.

Selain itu kisah percakapan pada aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, dan sebagainya menjadi kontributor signifikan pada penuhnya ruang penyimpanan. Penyebabnya karena dalam chat itu biasanya ada foto, video, voice chat, dan dokumen-dokumen lainnya.

Jika kamu tidak mau berlangganan iCloud, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi jumlah penyimpanan pada iPhone kamu.

Cara Mengatasi Memori iPhone yang Penuh

1. Sortir Aplikasi yang Jarang Dipakai

Ulas kembali aplikasi yang ada pada ponsel kamu, karena pasti ada beberapa aplikasi yang sebetulnya cukup jarang kamu pakai. Selain karena jarang digunakan, kamu dapat membukanya melalui laptop bahkan dengan pengalaman penggunaan yang lebih leluasa dan menyenangkan.

2. Hapus Cache

Jika kamu melihat bagian kapasitas 'System Data' yang mengambil bagian ruang penyimpanan cukup besar pada iPhone, itu karena cache dari riwayat penelusuran pada Safari.

Kamu dapat menghapusnya dengan membuka Settings, lalu gulirkan ke bagian paling bawah untuk mencari Safari. Kemudian gulirkan ke bagian bawah untuk mencari 'Clear History and Website Data', pilih dan jumlah memori pada Sistem Data akan berkurang.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut