get app
inews
Aa Read Next : 5 Panduan Bersihkan Mixer Agar Tidak Gampang Rusak

6 Cara Praktis Membersihkan Telinga Dengan Benar dan Aman

Rabu, 14 September 2022 | 13:21 WIB
header img
Cara Memberihkan Telinga. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tahukah kamu bahwa sebenarnya telinga memiliki mekanisme dalam pembersihan sendiri? Kotoran telinga secara otomatis akan terdorong ke bagian luar saluran telinga melalui gerakan rahang saat mengunyah. Namun, tidak berarti kamu tidak membersihkan telinga. 

Dalam membersihkan telinga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena dapat melukai indra yang penting. Berikut ini 6 cara praktis membersihkan telinga dengan benar dan aman. 

Hal ini wajib untuk kamu ketahui, agar tidak salah langkah. Baca penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Tidak menggunakan ear candle

Membersihkan telinga sebaiknya tidak menggunakan ear candle karena tidak memiliki buti efektif. Ear candle justru bisa menyebabkan cidera pada telinga, rasanya seperti terbakar dan saluran telinga akan tersumbat. 

2. Tidak menggunakan cotton buud atau benda lainnya

Hampir kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Anda harys mengetahui bahwa menggunakan cutton bud atay benda lainnya akan mendorong kotoran telinga untuk masuk lebih dalam, bahkan bisa menyebabkan luka pada telinga.

3. Gunakan obat tetes telinga atau baby oil

Dibandingkan dengan ear candlle, obat tetes telinga dan baby oil lebih baik digunakan untuk membersihkan telinga. Obat tetes telinga bisa dibeli di semua apotik. Kedua bahan tersebut dapat berfungsi melunakkan gumpalan kotoran telinga sehingga akan lebih mudah untuk keluar. 

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut