get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

5 Cara Bisnis Pulsa dan Kuota yang Menguntungkan, Hanya Modal Minim!

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 09:32 WIB
header img
Cara Bisnis Pulsa dan Kuota. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Komunikasi menjadi bagian dasar yang paling dibutuhkan oleh manusia agar berkembang. Kebutuhan untuk bersosialisasi juga terpenuhi. Salah satu alat yang sering dipakai untuk berkomunikasi di zaman modern ini adalah handphone.

Semakin canggihnya ponsel, kebutuhan akan pulsa dan kuota internet juga semakin meningkat. Maka, tidak heran bila makin banyak agen pulsa yang buka untuk memenuhi permintaan warga yang terus meningkat.

Modal khusus yang diperlukan dalam usaha ini hanya handphone yang siap online selama 24 jam.Usaha pulsa dapat memberikan omzet yang tinggi bila mengetahui tips suksesnya, lho. Nah, untuk Ibu Mitra yang ingin membuka bisnis sama, ikuti langkah usaha pulsa dan kuota ini dengan modal minim ini, ya.

Cara Bisnis Pulsa dan Kuota yang Menguntungkan

1. Lakukan Analisis Terlebih Dulu sebelum Mulai

Usaha segera dapat bertahan lama saat Ibu Mitra memulainya dengan tepat, yaitu dengan melakukan analisis SWOT pada pasar untuk mengetahui berapa besar peluang untuk maju usaha itu.

Analisis SWOT terdiri dari Strengths (Kekuatan dari usaha Ibu Mitra), Weaknesses (Kelemahan usaha), Opportunities (Peluang usaha), dan Threats (Ancaman dari pesaing).

Dari analisis ini, Ibu Mitra akan memperoleh apa keunggulan dari usaha pulsa dan kuota yang ingin dijalankan, kelemahannya, dan berapa besar peluang usaha di lingkungan sekitar.

Ibu Mitra bisa juga mengamati bagaimana beberapa pesaing menjalankan usaha mereka, kemudian mencari kelemahan mereka. Disana, Ibu Mitra akan menemukan apa yang dapat dilakukan untuk menjalankan usaha supaya lebih unggul dari beberapa kompetitor dan dilirik oleh beberapa calon konsumen.

2. Cari Distributor untuk Cara Bisnis Pulsa dan Kuota yang Tepat

Cara menjual kuota hp untuk pemula agar bisa sukses walau modal yang digunakan minim, Ibu Mitra dapat memilih distributor yang berkualitas. Pasalnya , ada banyak agen distributor pulsa di pasaran.

Ibu Mitra dapat melakukan survei secara offline atau mencari review di internet. Cek apa produk yang ditawarkan, apa hanya pulsa regular atau ada kuota internet, token listrik, dan yang lain.

Pastikan juga, layanan mereka bagus dalam menghadapi komplain dan tidak terlalu sering mengalami gangguan. Masalahnya bila distributor sering gangguan, Ibu Mitra yang akan menerima amarah beberapa customer nanti.

3. Fokus pada Penjualan dan Hindari Pembeli Berhutang


Ilustrasi Bisnis Pulsa dan Kuota. (okezone.com)

Perlu diingat bila jumlah transaksi tentukan jumlah keuntungan. Misalnya Anda menetapkan keuntungan sebesar Rp500 tiap satu transaksi, lalu Anda sukses melakukan 150 transaksi per hari. Karena itu penghasilan per bulannya ialah Rp500 x 150 x 30 dengan hasil Rp2.250.000.

Bandingkan dengan keuntungan sebesar Rp1.000 tiap satu transaksi, tetapi dengan penjualan yang lebih sedikit karena kompetitif dengan pedagang lain. Misalnya penghasilan per bulannya ialah Rp1.000 x 50 x 30 dengan hasilnya Rp1.500.000.

Maka memang lebih baik Ibu Mitra menjual pulsa dengan nominal kecil dengan transaksi yang banyak, daripada nominal besar tetapi transaksinya sedikit. Ibu Mitra diperbolehkan melakukan promosi untuk menarik perhatian pelanggan melalui berbagai platform seperti chat grup melalui whatsapp, atau media sosial seperti instagram, facebook dan banyak yang lain.

Selainnya harga, yang perlu ibu mitra lihat ialah hindari kebiasaan memperbolehkan pembeli berhutang. Walau tampak sepele, ini sering membuat bisnis pulsa susah mengalami kemajuan.

Banyaknya pembeli yang berhutang, membuat beberapa penjual tidak dapat memutar modal untuk jualan kembali. Saat deposit habis, jadi tidak dapat melakukan pengisian deposit dengan maksimal karena beberapa modalnya belum kembali. Keuntungan juga dapat semakin merosot.

4. Tidak Harus Punya Konter, Dapat Mulai dari Online

Saat ini, semua usaha dapat dijalankan di rumah selama memiliki handphone. Ibu Mitra dapat menjual pulsa dan kuota secara online dengan memasang spanduk di teras rumah.

Cara jual pulsa online mudah dengan memanfaatkan m-banking, aplikasi distributor pulsa, atau bahkan marketplace. Ada banyak diskon yang dapat diperoleh.

Jadi keuntungan bukan hanya didapat dari margin harga beli dan harga jual, tapi juga dari potongan harga/cashback/reward yang diberikan oleh beberapa distributor.

5. Tetapkan Harga Jual yang Bersaing di Pasaran

Memang tidak mudah dalam menetapkan harga jual pulsa. Ibu Mitra dapat melakukan survei dulu berapa rata-rata harga yang ditetapkan oleh beberapa kompetitor.

Selanjutnya, cek berapa harga yang diberi oleh distributor. Sekiranya memungkinkan, tetapkanlah harga jual yang lebih murah dari beberapa kompetitor supaya beberapa calon pelanggan melirik dan tidak sangsi untuk membeli.

Tentu saja, pelayanan yang ramah dan tanggapan cepat pada komplain menjadi hal khusus yang perlu diperhatikan. Harga murah tapi pelayanan buruk, konsumen juga bisa kabur.

Ibu Mitra tidak perlu bingung cari distributor karena Ibu Mitra bisa berjualan pulsa langsung dari aplikasi Amartha+. Cukup dengan mempunyai saldo amartha+ yang cukup, ibu mitra bisa mentransaksikan saldo itu. Amartha+ menawarkan harga yang kompetitif dan terjangkau sehingga keuntungan Ibu mitra bisa maksimal.

Itulah cara bisnis pulsa dan kuota yang menguntungkan. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut