get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:26 WIB
header img
Manfaat Temulawak. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Manfaat temulawak telah terbukti sejak lama. Manfaat temulawak itu telah dimanfaatkan selama beberapa ribu tahun dalam pengobatan tradisional China.

Di Indonesia, obat herbal ini juga banyak ditemukan dalam bentuk jamu temulawak. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder rimpang.

Rimpang ini biasanya terdiri dari rimpang induk dan rimpang anakan yang bentuknya lebih kecil. Bila dibelah, dagingnya warna kuning tua, sementara bagian dalam berwarna jingga kecoklatan.

Tanaman ini dapat tumbuh secara liar dan budidayanya tidak memerlukan penanganan khusus, bahkan sering dianggap sebagai tanaman ilalang. Manfaat temulawak yang dikeringkan juga bisa digunakan sebagai obat luka.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan

Salah satu kandungan dalam temulawak adalah kurkumin. Kurkumin berikut yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.
Berikut 7 manfaat temulawak untuk kesehatan dikutip dari Healtline:

1. Pengobatan arthritis

Peradangan sendi ini bisa menyerang beberapa sendi. Dua jenis arthritis yang umum ditemui adalah osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Mengingat jika kurkumin adalah senyawa anti-inflamasi yang kuat, masuk akal bila manfaat temulawak, bisa membantu mengatasi radang sendi. Banyak penelitian lain sudah melihat efek kurkumin pada radang sendi dan mencatat perbaikan dalam berbagai gejala.

2. Antioksidan

Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang bisa juga ditemukan pada kunyit. Senyawal ini berfungsi sebagai zat aktif anti peradangan dan sebagai obat antioksidan buat penangkal berbagai penyakit.

Dengan mengonsumsi temulawak, membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mencegah serangan jantung

Manfaat temulawak untuk kesehatan yaknu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, penyakit yang jadi penyebab nomor satu kematian terbanyak di dunia.

Kurkumin memicu peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah. Kerusakan endotelium membuat peredaran darah tidak lancar dan pembekuan darah.

4. Anti-peradangan

Manfaat temulawak kedua yaitu sebagai obat anti peradagangan. Tanpa peradagangan, patogen seperti bakteri bisa dengan mudah masuk ke tubuh dan menciptakan penyakit,

Beberapa peneliti bidang kesehatan percaya, peradagangan dalam tubuh jadi salah satu penyebab beberapa penyakit seperti kanker, alzheimer, dan jantung.

5. Meningkatkan kemampuan fungsi otak

Manfaat temulawak ternyata berkaitan dengan fungsi otak. Senyawa kurkumin pada temulawak dapat memicu peningkatan kadar BDNF.

BDNF adalah hormon yang membantu memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak manusia. Neuoron mampu membuat koneksi baru di area-area tertentu, sehingga manfaat temulawak dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

6. Cegah kanker


Temulawak. (okezone.com)

Kanker adalah penyakit yang mengerikan, ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Manfaat temulawak dipercaya dapat menekan pertumbuhan sel jahat itu.

Senyawa kurkumin secara klinik terbukti dapat mengurangi angiogenesis, sebuah gejala pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor dan metastasis (penyebab kanker).

7. Obat stres

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi temulawak ternyata efektif terhindari dari depresi. Manfaat temulawak atau kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan.

Depresi terkait dengan penurunan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan penyusutan hipokampus, area otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori.

Ada juga beberapa bukti jika manfaat temulawak untuk kesehatan atau jamu temulawak bisa meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

Nah itulah manfaat temulawak untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut