get app
inews
Aa Read Next : 7 Khasiat Lada Hitam Dapat Melawan Kuman dan Penyakit

8 Langkah Simpan Bawang Merah yang Gampang, Dapat Tahan Lama!

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:35 WIB
header img
Langkah Simpan Bawang Merah. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ini rahasia langkah simpan bawang merah supaya stock di dapur kamu selalu aman. Bawang merah adalah bumbu dapur yang tersering dipakai. Masak tanpa bawang merah rasanya jadi kurang renyah dan lezat.

Disamping itu, bawang merah memiliki kandungan beberapa gizi yang berguna untuk badan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, sodium, kalium, karbohidrat, kalsium, protein, dan ada banyak kembali.

Menyaksikan bukti ini, tidak bingung jika kamu kerap berasa perlu beli bawang merah dengan jumlah banyak. Apa lagi jika harga sedang murah, cukup, kan, untuk stock di dapur!

Tetapi, pernah tidak, sich, telah beli banyak tetapi justru pada akhirnya tidak dapat digunakan karena busuk? Atau kamu pernah bertanya mengapa bawang merah bisa lebih cepat busuk dibanding bawang putih? Jika kamu pernah hadapi beberapa permasalahan ini, peluang ada yang keliru dengan kamu simpan bawang merah!

Bawang merah adalah tipe umbi lapis yang dikenali mempunyai karakter gampang alami kerusakan. Kerusakan yang dirasakan dapat berbentuk pelunakan umbi, kebusukan, keropos, kerutan, berjamur, dan tumbuhnya akar dan tunas.

Nach, rupanya ada langkah khusus untuk simpan bawang merah supaya tidak kebuang percuma, lho. Berikut ialah panduan simpan bawang merah yang dapat kamu turuti!

Langkah Simpan Bawang Merah dalam Keadaan Utuh

Jika kamu beli bawang merah di pasar atau di toko, tentu bawang merah masih juga dalam keadaan utuh dengan kulitnya. Bahkan juga terkadang masih juga dalam wujud rencengan atau sama-sama melekat.

Ada cara-cara simpan bawang merah, nih, yang khusus untuk diaplikasikan pada bawang merah yang utuh!

1. Pisah dari tipe bawang lainnya

Umumnya, membeli bawang merah akan sepaket dengan membeli bawang putih. Kemungkinan terkadang sekaligus bawang bombay.

Meskipun semua sama bawang, penyimpanan bawang merah utuh seharusnya tidak pada tempat yang serupa dengan tipe bawang yang lain. Karena, masing-masing sayur keluarkan gas yang lain.

Terhitung bawang merah berlainan dengan bawang putih dan bawang bombay, berlainan dengan sayur yang lain. Bila bersatu, bakal ada dampak evaporasi gas yang malah percepat proses pembusukan keduanya.

2. Atur di tempat dengan perputaran baik

Sesudah bawang merah dipisah dari tipe bawang yang lain, yakinkan bawang merah telah pada keadaan kering. Jika masih cukup lembab atau terserang air, dapat kamu jemur sesaat di bawah cahaya matahari.

Seterusnya, tempatkan bawang merah di tempat yang berpeluang terjadinya perputaran udara. Tempatnya lebih bagus terbuka dan mempunyai pori-pori atau sirkulasi, misalkan keranjang kecil atau nampan. Upayakan tidak untuk menimbun bawang kebanyakan dan padat agar perputaran udara masih tetap dapat terjadi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut