get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

5 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 13:25 WIB
header img
Manfaat tape Singkong. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tape singkong sebagai satu di antara makanan tradisional Indonesia. Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar singkong dengan membungkus singkong (proses fermentasi) dalam daun pisang selama 2-3 hari.

Tape singkong memiliki rasa yang manis sedikit asam dan bertekstur lembut, yang membuat menjadi hidangan favorit untuk banyak orang.

Fakta menarik jika tape singkong tidak hanya sekadar lezat, tetapi mempunyai beragam kandungan gizi yang baik untuk tubuh, yang sayangnya tidak banyak diketahui.

Kandungan gizinya tidak kalah ketimbang makanan fermentasi lainnya, seperti yoghurt, keju, kefir, tahu, dan tempe. Dengan kandungan itu, ada beberapa manfaat tape singkong untuk kesehatan yang dapat Anda dapatkan.

5 Manfaat Tape Singkong 

Penasaran manfaat apa yang dibuat dari makanan tradisional satu ini? Berikut manfaat luar biasa tape singkong untuk kesehatan:

1. Mencegah Anemia

Untuk Anda yang memiliki penyakit anemia, sebaiknya mengonsumsi tape singkong. Kandungan mikroorganisme yang ada pada ragi tape singkong dipercaya membantu produksi vitamin B12 untuk tubuh. Vitamin ini bisa membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

2. Baik untuk Pencernaan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan yang pertama ialah baik untuk pencernaan. Singkong merupakan sumber serat yang membantu merangsang gerakan usus yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan.

Tidak hanya itu, kandungan serat dan air di dalamnya berfungsi untuk mengatasi sembelit. Anda dapat mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi tape singkong secara teratur.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut