get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:26 WIB
header img
Manfaat Temulawak. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Manfaat temulawak telah terbukti sejak lama. Manfaat temulawak itu telah dimanfaatkan selama beberapa ribu tahun dalam pengobatan tradisional China.

Di Indonesia, obat herbal ini juga banyak ditemukan dalam bentuk jamu temulawak. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder rimpang.

Rimpang ini biasanya terdiri dari rimpang induk dan rimpang anakan yang bentuknya lebih kecil. Bila dibelah, dagingnya warna kuning tua, sementara bagian dalam berwarna jingga kecoklatan.

Tanaman ini dapat tumbuh secara liar dan budidayanya tidak memerlukan penanganan khusus, bahkan sering dianggap sebagai tanaman ilalang. Manfaat temulawak yang dikeringkan juga bisa digunakan sebagai obat luka.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan

Salah satu kandungan dalam temulawak adalah kurkumin. Kurkumin berikut yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.
Berikut 7 manfaat temulawak untuk kesehatan dikutip dari Healtline:

1. Pengobatan arthritis

Peradangan sendi ini bisa menyerang beberapa sendi. Dua jenis arthritis yang umum ditemui adalah osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Mengingat jika kurkumin adalah senyawa anti-inflamasi yang kuat, masuk akal bila manfaat temulawak, bisa membantu mengatasi radang sendi. Banyak penelitian lain sudah melihat efek kurkumin pada radang sendi dan mencatat perbaikan dalam berbagai gejala.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut