get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

5 Manfaat Jeruk Lemon Hangat Bagi Kesehatan yang Perlu Dicoba

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 06:15 WIB
header img
Manfaat Jeruk Lemon. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jeruk lemon mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah vitamin C dan antioksidan. Dengan demikian, banyak yang percaya jika minum air jeruk lemon hangat memberikan banyak manfaat.

Air lemon hangat bisa memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti membantu mengatasi gejala pilek. Namun, banyak klaim tentang manfaat kesehatan dari minum air lemon hangat belum memiliki bukti ilmiah kuat.

Apa manfaat air jeruk lemon hangat?

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah manfaat air jeruk lemon hangat.

1. Menurunkan berat badan

Sebuah ulasan tahun 2019 menemukan beberapa bukti jika peningkatan hidrasi bisa membantu menurunkan berat badan, terutama jika air menggantikan minuman manis.

2. Meningkatkan suasana hati

Sebuah studi pada tahun 2014 pada 52 orang mengamati dampak peningkatan asupan air pada orang dengan hidrasi rendah dan pengurangan asupan air untuk orang dengan hidrasi tinggi.

Beberapa peneliti menemukan, peningkatan asupan air pada orang dengan hidrasi rendah meningkatkan ketenangan, kepuasan, dan kualitas tidur. Oleh sebab itu, minum air lemon hangat sebelum tidur dianggap menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur.


Jeruk Lemon. (okezone.com)

3. Detoksifikasi alami

Satu studi kecil pada tahun 2029 menemukan jika asupan air bisa mendukung fungsi ginjal dan mengencerkan racun pada darah.

4. Mengatasi gejala pilek

Sebuah studi tahun 2008 menemukan jika minum minuman hangat bisa memperbaiki gejala pilek dan flu. Minum air jeruk lemon hangat sebelum tidur dapat membantu mengatasi hidung tersumbat atau meredakan sakit tenggorokan.

Sebuah makalah tahun 2017 mengatakan jika vitamin C bisa mempersingkat durasi pilek. Tetapi, tinjauan atas studi ini tidak menemukan dukungan untuk klaim itu.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Makalah tahun 2019 mengatakan jika beberapa senyawa dalam jeruk bisa mengurangi risiko penyakit jantung, tapi penelitian diperlukan untuk menguji klaim ini secara langsung.

Itulah manfaat jeruk lemon hangat untuk kesehatan tubuh yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut