get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Secara Online dengan Cepaf

6 Cara Matikan Mesin Mobil Dengan Mudah dan Benar

Jum'at, 04 November 2022 | 09:35 WIB
header img
Cara Matikan Mesin Mobil Dengan Mudah. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mematikan mesin mobil sangat mudah. Namun, tahukah Anda mematikan mesin mobil rupanya tidak sembarangan? Ada cara yang perlu dipahami para pengguna supaya performa mesin dan aki mobil tetap terjaga dengan baik.

Umumnya, beberapa pengguna hanya cukup memutar kontak kunci ke posisi OFF saat mematikan mesin mobil tanpa memerhatikan hal-hal lain yang sebetulnya penting. Berikut cara dan proses mematikan mesin mobil yang benar:

6 Cara Matikan Mesin Mobil Dengan Mudah dan Benar

1. Matikan AC

Tidak kalah penting adalah mematikan AC. Biasanya, AC menambah beban pada mesin mobil dan menghasilkan putaran mesin yang lebih tinggi. Karena itu, penting untuk dimatikan terlebih dahulu. Mematikan AC juga bisa membuat usia akin lebih panjang.

2. Tidak perlu menggeber gas sebelum dimatiin

Ada mitos menyebut bila ingin mematikan mesin, mobil perlu digas terlebih dulu agar kotoran karbon keluar. Bahkan, ada juga yang beranggapan hal itu perlu dilakukan agar akinya terisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Tetapi, hal itu tidak benar. Bila melakukan demikian, mesin mobil sebaliknya akan hancur. Karena, saat digas, RPM jadi tinggi sehingga mesin perlu pelumasan ekstra.

Kemudian, bila mesin dimatikan mendadak, oli dalam mesin berkurang signifikan. Mesin mobil akan cepat aus. Cara yang tepat adalah mesin mobil harus dalam kondisi langsam, baru kemudian dimatikan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut