Logo Network
Network

Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android, Cukup Mudah!

Supriyono
.
Sabtu, 26 November 2022 | 13:41 WIB
Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android, Cukup Mudah!
Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sedang sangat populer akhir-akhir ini, tahu nggak sih apa sebenarnya foto 360 derajat itu? Jadi, foto 360 derajat adalah sebuah foto dapat membuat orang yang melihatnya mengetahui sekeliling titik pengambilan foto, misalnya di sebelah kiri, kanan, atas, dan bahkan kadang bisa di zoom.

Foto semacam ini bisa memberikan perspektif ruang yang jauh lebih realistis karena mencakup semua sudut dan arah. Itulah mengapa foto 360 derajat banyak digunakan untuk memamerkan pemandangan alam, suasana di sebuah ruangan tertentu yang berukuran besar, atau jalan raya.

Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android

Sebenarnya saat ini sudah ada beberapa smartphone yang dibekali dengan alat yang bisa menghasilkan foto 360 derajat. Tapi jika kebetulan Kakak tidak menggunakan smartphone yang seperti ini, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti di bawah ini:

1. DMD Panorama

Aplikasi ini bisa Kakak download dari Google Play Store secara gratis. Cara membuat foto 360 derajat di Android dengan DMD Panorama adalah:

  • Setelah aplikasi terinstall, langsung saja buka aplikasinya dan berikan izin untuk akses kamera.
  • Lalu tekan ikon kamera di dalam aplikasi, dan arahkan kamera ke sudut yang ingin difoto.
  • Hasil foto dari kamera bawaan ini lumayan bagus lho, bahkan dalam keadaan yang kurang cahaya, misalnya saat malam hari.

Tapi jika keadaanya cukup gelap, ada mode flash yang bisa digunakan, dan setelah fotonya jadi, Kakak bisa atur sendiri eksposurnya bersama dengan deskripsi tambahan, tag, geolokasi, dan pengaturan privasi. Jika ingin mengakses mode HDR, maka Kakak bisa upgrade akun ke versi premium, ya.

2. Foto VR 360 - Karton Kamera 360 Jepret

Aplikasi ini sama mudahnya dengan DMD Panorama kok, Kakak hanya perlu download dari Play Store buka aplikasi, dan tab ikon kamera yang ada di kanan bawah. Selanjutnya arahkan kamera ke sudut yang diinginkan dan perlahan gerakkan tangan ke kiri atau kanan.

Hebatnya, kamera dari aplikasi ini bisa berhenti merekam secara otomatis saat Kakak menyelesaikan putaran 360 derajat penuh.

Hasil foto-foto dari aplikasi ini menampilkan jarak dan perspektif objek yang lebih akurat, sehingga objek terdekat benar-benar terlihat dekat dan objek yang lebih jauh mempertahankan jarak proporsional yang realistis. Satu lagi, aplikasi ini 100% gratis karena tidak ada opsi pembelian di dalam aplikasi.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini