get app
inews
Aa Read Next : Cara Membuat Foto 360 Derajat di Android, Dengan Mudah dan Tepat

3 Cara Menonaktifkan Iklan di Android, Dijamin Tidak Ribet

Jum'at, 25 November 2022 | 13:32 WIB
header img
Cara Menonaktifkan Iklan di Android. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ada dua efek negatif nih dari munculnya iklan-iklan di browser Android. Pertama adalah mengganggu kegiatan browsing, dan kedua membuat Android rentan terhadap virus dan malware.

Si virus atau malware ini sendiri bisa membuat data-data di HP Kakak dicuri, diubah, dan bahkan disalahgunakan, lho. Sangat berbahaya, kan? Tapi jangan panik dulu, karena ada beberapa cara yang bisa Kakak lakukan untuk menghilangkan iklan-iklan yang muncul di browser Android.

Cara Menonaktifkan Iklan di Android

1. Aktifkan Play Protect

Play Protect adalah salah satu fitur di dalam Google Play yang fungsinya adalah membantu menjaga perangkat Android dan data-data di dalamnya tetap aman. Jadi, Kakak tidak perlu khawatir untuk download dan install aplikasi apapun dari Play Store.

Cara menonaktifkan iklan di android dengan Play Protect sangat mudah kok, Kakak hanya perlu mengikuti tiga langkah berikut:

  • Buka Play Store dan klik menu (ikon tiga garis horizontal yang ada di kiri atas layar).
  • Scroll ke bawah dan klik tulisan "Play Protect", lalu klik “ikon roda gigi” yang ada di pojok kanan atas.
  • Akan ada dua pengaturan, yaitu "Pindai aplikasi dengan Play Protect" dan "Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya". Geser tombol di sebelah kanan dari masing-masing tulisan ini sampai tombol berwarna hijau, dan selesai.

Setelah Play Protect ini aktif, setiap hari bahkan setiap saat HP Kakak akan di scan secara otomatis untuk mencegah adanya virus dan malware.

2. Ubah Settingan Android

Cara yang satu ini benar-benar simpel dan sangat cepat, yaitu:

  • Buka menu "Settings" di HP Kakak, lalu pilih "Security and Privacy".
  • Sekarang cari tulisan "Sumber tidak dikenal", atau jika pengaturan bahasa di Android Kakak adalah bahasa Inggris, maka tulisannya adalah "Unknown source".
  • Sekarang geser tombol di samping tulisan tadi sampai berwarna hijau, dan setelahnya Android akan memberikan peringatan dalam bentuk pop-up notifikasi setiap kali Kakak akan mendownload aplikasi dari sumber selain Google Play.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut