get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Secara Online dengan Cepaf

3+ Cara Mengetahui HP Android Sudah di Root atau Belum

Kamis, 08 Desember 2022 | 11:43 WIB
header img
Cara Mengetahui Android Sudah di Root. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hai Kak, apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya! Kali ini saya akan membahas topik yang berhubungan dengan teknologi, yakni cara mengetahui Android sudah di root. Pasti kepo, kan? Yuk, simak pembahasan lengkap berikut ini.

Root adalah salah satu hal penting untuk sebagai pengguna Android. Terutama bagi pengguna yang suka belajar dengan hal-hal baru maupun suka bereksperimen. 

Cara Mengetahui Android Sudah di Root

Ada banyak metode yang bisa Kakak gunakan untuk mengecek perangkat Android tersebut sudah dilakukan rooting atau belum. Nah, bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak panduannya:

1. Root Checker

Root Checker merupakan aplikasi pertama yang saya sarankan untuk mengecek HP Android sudah di root atau belum. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Namun bagi yang belum tahu, bisa simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi Root Checker di Google Play Store.
  • Silahkan jalankan aplikasi tersebut dan tekan opsi Verify Root.
  • Tunggu beberapa saat. Apabila perangkat Android yang sudah pernah di lakukan root, maka akan tampil pemberitahuan berupa Congratulation! Root access is properly installed on this device! berwarna hijau.
  • Jika belum pernah di root, maka akan tampil berupa Sorry! Root access is not properly installed on this device, berwarna merah.

2. Terdapat Ikon Aplikasi SuperSu / Kinguser

Apabila Kakak pernah melihat ikon aplikasi tersebut di halaman home HP Android, maka sudah dapat dipastikan kalau ponsel tersebut sudah di root. Sebab, kedua aplikasi tersebut adalah salah satu aplikasi yang mengelola akses root smartphone Android.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut