Logo Network
Network

Ketahui Fitur Baru WhatsApp dan Cara Menggunakanya

Supriyono
.
Rabu, 30 November 2022 | 15:38 WIB
Ketahui Fitur Baru WhatsApp dan Cara Menggunakanya
Fitur Baru WhatsApp. Foto: Freepik

BATU, iNews.id - WhatsApp terus menggulirkan fitur baru buat tingkatkan pengalaman penggunanya. Merambah paruh kedua 2021, telah terdapat sebagian fitur baru yang formal diluncurkan WhatsApp.

Belum lagi, masih terdapat sebagian bakal calon fitur baru yang kabarnya masih dalam pengembangan, ataupun diuji coba ke segelintir pengguna tipe beta. Paling tidak, terdapat 4 fitur baru WhatsApp yang telah formal dapat dicoba secara publik sepanjang ini. Berikut daftarnya:

Fitur Baru WhatsApp dan Cara Menggunakanya

1. Keamanan biometrik WhatsApp website dan desktop

Fitur yang dirilis pada dini 2021 ini bertujuan buat tingkatkan sistem keamanan WhatsApp dari sisi pengguna. Lebih dahulu, pengguna cuma butuh memindai QR code yang timbul di layar pc buat masuk ke dalam WhatsApp website ataupun desktop.

Sehabis fitur ini bergulir, pengguna harus memindai sidik jari ataupun wajah dikala hendak masuk dan melaksanakan sinkronisasi. Tiap kalilogin ke WhatsApp tipe desktop ataupun website lewat fitur baru, pengguna hendak dimohon buat melaksanakan otentikasi biometrik berbentuk sidik jari ataupun wajah lewat ponsel.

WhatsApp menaikkan fitur keamanan baru ketik pengguna hendak menyinkronkan akun WhatsApp ke fitur baru. Biometrik yang dikira legal merupakan sidik jari dan wajah yang telah didaftarkan di ponsel tiap- tiap.

Barulah setelah itu pengguna dapat memindai QR code buat melanjutkan proses login. Fitur ini cuma hendak berperan di ponsel yang telah menunjang otentikasi biometrik( iOS 14 ke atas dan beberapa fitur Android yang kompatibel). WhatsApp mengeklaim, grupnya tidak hendak dapat mengakses data biometrik yang tersimpan di dalam ponsel pengguna.

2. Arsip tipe baru

" Arsip" sesungguhnya tidaklah fitur baru, namun WhatsApp meningkatkan mekanisme baru di fitur" Arsip" buat tingkatkan pengalaman penggunanya. Fitur" Arsip" terkini membolehkan pengguna buat menyembunyikan chat tanpa butuh memblokir kontak.

Selaku perbandingan, di tipe lebih dahulu fitur" Arsip" digunakan buat menyembunyikan chat dari beranda ataupun taman utama. Tetapi, bila terdapat pesan baru timbul, chat tersebut hendak nampak kembali di beranda.

Di tipe terkini," Arsip" membolehkan chat tersembunyi selamanya, kendati terdapat pesan baru yang masuk. Sekalipun pengguna mengirim chat baru ke kontak yang telah diarsipkan, balasan pesan senantiasa hendak tersembunyi di folder arsip dan tidak kembali lagi ke beranda.

Ada pula cara memakai fitur Arsip terkini merupakan selaku berikut:

  • Seleksi chat mana saja yang mau dirahasiakan dengan cara klik dan tahan.
  • Kemudian, klik ikon arsip yang ditafsirkan dengan foto suatu kotak dengan anak panah ke dasar. Chat tersebut hendak otomatis pindah ke" Archived Chats".
  • Tab" Arsip" yang sepanjang ini tersembunyi, hendak timbul di catatan sangat atas, pas saat sebelum ruang percakapan awal.
  • Tab tersebut ikut dibubuhi angka jumlah chat yang dirahasiakan di" Arsip".

Fitur Arsip tipe baru membolehkan pengguna menyembunyikan chat yang tidak hendak kembali ke beranda walaupun terdapat pesan baru yang masuk. Pengguna dapat mengendalikan apakah mau senantiasa mengarsipkan chat meski terdapat pesan baru, ataupun mengembalikannya lagi ke beranda, triknya:

  • Buka tab" Arsip", kemudian klik ikon titik 3 vertikal yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Setelah itu seleksi" pengaturan arsip".
  • Bila mau senantiasa menyembunyikannya, lumayan geser tombol ke kanan sampai berganti jadi warna hijau, dan ke kiri buat kebalikannya.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini