get app
inews
Aa Read Next : 5 Perawatan Kewanitaan Setelah Melahirkan yang Aman dan Tepat

5 Perawatan Ibu Setelah Melahirkan Normal yang Perlu Diketahui

Jum'at, 16 Desember 2022 | 13:44 WIB
header img
Perawatan Ibu Pasca Melahirkan Normal. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Setelah melahirkan, seorang ibu juga harus melakukan perawatan agar kebersihan tetap terjaga dan tetap sehat. Jika Kakak adalah salah satunya, berikut perawatan yang bisa dilakukan setelah menjalankan persalinan normal untuk memulihkan kondisi Kakak. Ada lima perawatan ibu setelah melahirkan normal yang perlu diketahui. 

5 Perawatan Ibu Pasca Melahirkan Normal

Setelah melahirkan, proses pemulihan tubuh membutuhkan waktu agar dapat kembali seperti semula. Perubahan bentuk tubuh ketika hamil hingga melahirkan tentu berpengaruh dalam proses pemulihan. Berikut perawatan yang harus dilakukan seorang ibu pasca melahirkan normal.

1. Perawatan Payudara dan ASI

Setelah melahirkan, ASI akan keluar secara alami dalam tubuh seorang ibu yang baru melahirkan. Tidak dapat dipungkiri, payudara yang sakit juga bisa menyebabkan kebocoran ASI. Kebocoran ASI tersebut bisa sangat merepotkan karena ibu akan merasa nyeri dan baju menjadi sering basah tentunya.

Kakak bisa melakukan pijatan lembut dan mengompres payudara sebelum dan sesudah menyusui. Kakak juga bisa meminta bantuan perawat atau bidan yang menangani persalinan saat itu untuk mencegah timbulnya rasa sakit maupun kebocoran ASI.  

2. Perawatan untuk Nyeri

Kakak mengalami nyeri pada vagina? Tak perlu khawatir, karena perawatan ini dapat mengurangi rasa nyeri sedikit demi sedikit. Saat melahirkan, dokter melakukan tindakan yang membuat jalan keluarnya bayi lebih luas, sehingga proses persalinan berjalan lebih mudah.

Sayangnya, tindakan tersebut membuat vagina terasa nyeri selama beberapa hari setelah persalinan normal. Luka pada area vagina ini dapat diatasi dengan kompres air dingin dan mengkonsumsi obat penahan sakit.

3. Perawatan Kontraksi Pasca Melahirkan

Tak hanya saat melahirkan, ibu melahirkan juga mengalami kontraksi pasca melahirkan. Hal ini terjadi karena proses kembalinya rahim ke tempat semula setelah berpindah akibat adanya janin yang dikandung saat hamil.

Jika berlangsung serius, kontraksi ini juga dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan. Kakak dapat mengatasi hal ini dengan mengompres perut menggunakan air hangat. Hal ini akan mengurangi rasa nyeri sehingga Kakak juga akan lebih tenang.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut