get app
inews
Aa Read Next : 6 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan Baru, Cukup Mudah!

4 Langkah Menangani Resiko dalam Usaha yang Perlu Dijumpai

Kamis, 22 Desember 2022 | 20:53 WIB
header img
Langkah Menangani Resiko dalam Usaha. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Saat pertama kalinya terjun di dunia usaha, hal yang penting disiapkan ialah berani mengambil resiko, ulet, dan kuat saat hadapi rintangan. Disamping itu, pelaku bisnis perlu management dan taktik yang pas saat memulai usaha. Walau pas dan masak, tetap risiko usaha dalam usaha akan datang.

Kedatangan risiko usaha bisa jadi memunculkan sela rugi untuk usaha. Tiap pelaku bisnis tentu pernah merasakan hal itu. Karena, risiko usaha akan ada saat pelaku bisnis mengurus management dan taktik sudahkah pas atau ada yang kurang.

Untuk ketahui lebih dalam mengenai risiko usaha, berikut ini ialah pemahaman, tipe resiko, beberapa macam resiko sampai bagaimanakah cara menangani risiko usaha.

Pemahaman Risiko Usaha

Pada umumnya, risiko usaha ialah kegiatan yang terkait langsung dengan rugi tidak tersangka atau kejadian yang tidak diharap. Risiko ini ada karena banyak hal seperti mekanisme usaha, management atau taktik yang kurang tepat. Tetapi, bisa saja karena kesalahan pribadi atau pegawai dalam melakukan aktivitas.

Menurut Abbas Salim, ahli management, ada tiga hal yang memengaruhi risiko usaha yakni:

  • Ada ketidakjelasan ekonomi
  • Ketidakjelasan yang karena alam
  • Ketidakjelasan yang karena kegiatan manusia

Tipe Rugi yang Berada di Risiko Usaha

Ada dua tipe rugi dalam risiko usaha yang penting Anda kenali yakni:

Resiko Spekulatif

Tiap usaha tentu mempunyai dua segi yakni rugi dan keuntungan. Dari 2 segi itu ada yang disebutkan dengan resiko spekulatif. Sebagai contoh orang yang bermain saham. Ada yang disebutkan dengan dividen yakni pemegang saham memperoleh sisi keuntungan dari pembagian saham yang sudah diedarkan.

Dan dalam segi rugi, ada yang disebutkan dengan pailit. Hal itu bisa terjadi saat perusahaan mengeluarkan saham dan sahamnya dibeli oleh pemegang saham yang kebenaran alami kemunduran.

Resiko Murni

Resiko murni memiliki arti ada rugi yang ada karena terjadi musibah seperti kebakaran, perampokan, banjir, dan semacamnya. Seandainya terjadi banjir di restaurant, asset juga bisa jadi turut terserang banjir dan terancam tidak dapat dipakai. Ada dua resiko yang dapat Anda kerjakan seperti restaurant akan sementara ditutup untuk pembaruan. Tetapi, juga bisa restaurant ditutup tetap karena alami pailit.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut