Logo Network
Network

Menjelang Nataru, 4 Titik di Kota Batu ini Jadi Sumber Kemacetan

bayu pratama
.
Sabtu, 24 Desember 2022 | 11:33 WIB
Menjelang Nataru, 4 Titik di Kota Batu ini Jadi Sumber Kemacetan
alun-alun kota Batu (inews)

BATU, iNews.id - Mendekati Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), diperkirakan bakal banyak sekali masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Kota Batu, baik itu untuk berkunjung ke keluarga maupun liburan. 

Tentu hal ini bakalan sangat berpengaruh pada antrean kendaraan hingga menyebabkan kemacetan di kawawan Kota Batu.

AKP Lya Ambarwati, Kasat Lantas Polres Batu menjelaskan jika pihaknya sudah memetakkan 4 titik riskan kemacetan saat Nataru 2022-2023 nanti. Dimulai dari kawasan Alun-Alun Kota Batu, Pertigaan Pendem, Jalan Ir Soekarno, dan Perempatan Arhanud.

"Jalur-jalur ini akses keluar masuknya dari wilayah lain ke Kota Batu. Hingga saat banyak orang yang tiba ke Kota Batu akan menimbulkan kemacetan atau penumpukan kendaraan," tutur lya pada awak media.

Lya sampaikan jika saat terjadi kemacetan atau kepadatan di beberapa titik itu, polisi akan mempersiapkan tim khusus untuk lakukan penguraian kemacetan atau kepadatan yang terjadi di daerah Kota Batu di saat Nataru 2022-2023.

"Kita punyai tim urai yang stand-by di pos-pos yang disiapkan. Saat nanti ada kemacetan atau kepadatan kendaraan, tim itu akan terjun untuk mengurai-nya," kata Lya.

Disamping itu, pihaknya sudah mempersiapkan Rekayasa Lalu Lintas (Lalin) dan lajur alternatif untuk hadapi kemacetan atau kepadatan kendaraan yang terjadi di beberapa titik yang telah disebutkan tadi.

Sementara itu, Lya juga menambahkan  jika sekarang ini Jalur Kota Batu-Malang lewat Jalan Raya Giripurno atau Jurang Susuh bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Karena, pembaruan jalan dikawasan itu telah selesai.

Seperti sebelumnya telah dikabarkan, akses Jalan Raya Giripurno sempat sementara ditutup untuk kendaraan roda empat karena sempat terjadi longsor beberapa lalu yang mengakibatkan setengah jalannnya rusak.

"Hari ini pembaruan telah usai, pengaspalan juga dilaksanakan. Akses Jalan Raya Giripurno atau Jurang Susuh bisa dilewati. Hingga pengendara dari arah Karangploso, Kabupaten Malang tak perlu memutar lewat Jalan Ir Soekarno," pungkasnya.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.