get app
inews
Aa Read Next : Langkah Uninstall Program di Windows 10 yang Benar dan Tepat

8 Langkah Bersihkan RAM Netbook Paling Efisien dan Mudah!

Rabu, 04 Januari 2023 | 11:52 WIB
header img
Langkah Bersihkan RAM Netbook. (okezone.com)

Langkah Bersihkan RAM Netbook. (okezone.com)

3. Uninstall Program yang Tidak Penting

Saat ini sesudah kamu ketahui proses apa yang terbanyak memakai RAM, pikir apa kamu betul-betul memerlukannya atau mungkin tidak. Program (dan proses) yang jarang-jarang dibuka cuma akan buang-buang sumber daya RAM di computer, menjadi lebih baik kamu menghapusinya. Kerjakan secara buka Settings > Apps dan click Uninstall pada program apa saja yang ingin kamu hapus.

4. Hindari Program Jalan Automatis saat Startup

Jika kamu tidak mau melepas penempatan program karena teratur memakainya, kamu dapat menghindarinya untuk jalan automatis di latar belakang.

Triknya, masuk ke Task Manajer seperti pada point kedua, tetapi ini kali masuk ke tab Startup, dan disitu akan ada daftar program yang automatis jalan saat netbook dihidupkan. Non-aktifkan program yang menurut kamu tak perlu.

Banyak program yang automatis jalan setiap kamu menghidupkan computer. Sangat tidak efektif jika ini umum terjadi dan aplikasinya jarang-jarang dipakai.

Tetapi kan saya tidak paham apa program ini harus jalan atau mungkin tidak? Betul sekali, untuk check apa program ini harus hidup atau mungkin tidak, masuk ke safe model lalu membuka kembali task manajer. Saksikan apa program itu berada di tab Processes atau mungkin tidak. Jika tidak ada, kemungkinan dia aman untuk dihentikan dari program startup.

5. Pakai Program yang Enteng

Jika kamu betul-betul perlu kurangi pemakaian RAM, kamu memerlukan program yang bisa memonopoli RAM dan meminimalkan pemakaiannya.

Pertama, coba pakai alternative program yang memiliki ukuran lebih enteng. Jika kamu perlu mengubah photo, tetapi Photoshop terlampau berat, coba pakai program ubah photo yang lebih kecil seperti Paint.NET untuk pengoreksian biasa, dan cuma pakai Photoshop untuk proyek berat.

Ke-2 , lihat beberapa program yang sudah kamu membuka. Tutup semua software yang tidak dipakai agar computer bisa bekerja lebih aktif. Bookmark saja tiap tab browser yang ingin kamu baca di lain hari, lalu tutup browser jika tidak dipakai untuk bersihkan RAM.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut