get app
inews
Aa Read Next : Langkah Uninstall Program di Windows 10 yang Benar dan Tepat

8 Langkah Bersihkan RAM Netbook Paling Efisien dan Mudah!

Rabu, 04 Januari 2023 | 11:52 WIB
header img
Langkah Bersihkan RAM Netbook. (okezone.com)

6. Lebih Memory Virtual

Jika kamu menyaksikan pemberitahuan error jika mekanisme kekurangan memory virtual, kamu bisa menambahkan kemampuannya supaya performa masih tetap konstan.

Untuk membuka, mencari Kontrol Panel pada Menu Start. Alihkan penampilan Category di atas kanan ke Small icons (jika perlu) dan click Sistem. Click Advanced sistem settings yang ada di samping kiri, lalu akan terbuka jendela baru.

Di sini, pada tab Advanced, click Settings yang ada pas di bawah tombol Performnce. Alihkan kembali ke tab Advanced dan click tombol Change.

Saat ini kamu akan menyaksikan kapasitas file paging untuk drive khusus. Sebetulnya, kamu dapat biarkan Windows secara automatis mengurus dan tangani memory virtual. Tetapi, untuk percepat penuntasan permasalahan, kamu kemungkinan perlu atur ukuran awalnya dan ukuran maksimal ke nilai yang semakin tinggi.

7. Scan Malware dan Virus

Sebaiknya mengecek malware dan virus di PC. Malware, virus, atau software buruk yang tidak bersertifikasi bisa mengambil sumber daya RAM dan membuat netbook bekerja lebih lamban.

Kami mereferensikan kamu untuk teratur scan malware dan virus dengan beberapa antivirus pc yang paling dipercaya. Tetapi berhati-hati, sering antivirus tersebut membuat RAM penuh. (check langkah mematikan antivirus)

Trick-nya ialah, install antivirus, scan full 1x, selesaikan malware atau virus yang teridentifikasi, selanjutnya uninstall antivirus. Pakai kembali sekitaran satu bulan selanjutnya, yakinkan saja kamu tidak mengundang virus/malware dari situs bodong atau beberapa aplikasi meresahkan.

8. Install Lebih Banyak RAM

Jika kamu betul-betul kekurangan RAM atau ingin jalankan semakin banyak program sekalian, kemungkinan memanglah tidak ada alternatif lain. Kamu harus lebih RAM. Walau langkah ini sudah pasti mahal, menambah RAM akan memberi performa yang jauh lebih bagus untuk computer kamu.

Langkah ini kemungkinan terlihat sederhana, tapi ruangan terbatas yang ada di netbook akan menyulitkan kamu untuk menambah RAM baru. Saat sebelum memilih untuk beli, sebaiknya kamu pastikan untuk check tipe RAM yang cocok dengan detail computer kamu.

Itulah langkah bersihkan RAM netbook paling efisien dan cepat. Semoga bergna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut