get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

Inilah Panduan Cara Merawat Ikan Botia Badut ( Clown Loach)

Sabtu, 07 Januari 2023 | 09:47 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Botia Badut. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Ikan dengan nama ilmiah Chromobotia macracanthus ini ialah satu dari sekian member ikan loach sangat indah. Mereka dapat jadi hiasan pas buat akuarium. Kepribadiannya menarik. Penampilannya pula menawan. Sehingga ikan ini mempunyai nilai lumayan besar.

Ikan Botia badut berkembang dengan dimensi 16- 20 centimeter. Tidak ayal jika dimensi akuarium mesti luas. Ikan ini pula suka pada tanaman- tanaman akuatik yang penuhi akuarium.

Sesungguhnya botia badut dapat ditempatkan bersama ikan lain, tetapi mereka bahagia bila hidup dengan sesamanya. Mereka terbilang pemalu, tetapi aktif beraktifitas di siang hari.

Habitat Botia Badut Di Alam Liar

Harga ikan botia, santapan ikan botia, ikan botia terbanyak, kepribadian ikan botia, ikan botia india, jual ikan botia, ikan botia kalimantan, harga ikan botia kalimantan.

Pakar iktiologi serta dokter asal Belanda, Peter Bleeker, mengatakan ikan ini buat awal kalinya pada tahun 1852. Ia pula yang mengklasifikasikan ikan selaku loach.

Kemudian pada 2004, pakar iktiologi lain asal Swiss bernama Maurice Kottelat membuat pergantian. Ia memperhitungkan jika botia badut terpisah dari keluarga loach serta menamainya dengan Chromobotia.

Botia badut sendiri berasal dari Borneo, Kalimantan, Sumatra, Indonesia serta Malaysia. Mereka menghuni kanak- kanak sungai, namun pada masa penghujan ataupun masa pemijahan, mereka bermigrasi ke hulu serta mendiami aliran ataupun anak sungai yang lebih kecil.

Dimensi pH, temperatur air, serta kekeruhan habitatnya bergantung masa. Tetapi botia badut liar biasanya

hidup di aliran air lelet, daerahnya penuh dengan floral tebal, serta kaya hendak tempat bernaung. Di bagian bawahnya ada potongan pangkal, cabang tumbuhan, daun- daun gugur, dll.

Umumnya dimensi optimal ikan ini merupakan 30 centimeter. Tetapi di alam liar, mereka dapat berkembang hingga 40 centimeter. Sedangkan harapan hidupnya hingga 20 tahunan.

Deskripsi Ikan Botia Badut

Ikan ini mempunyai badan bundar, lonjong memanjang, dan warna badan yang terang. Mereka mempunyai 3 garis vertikal. Sedangkan rupanya bermacam- macam. Terdapat yang merah oranye, terdapat pula yang kuning.

Bagian punggungnya bercorak gelap, sedangkan bagian bawahnya kuning. Sirip perutnya dipoles dengan warna merah serta gelap. Campuran tersebut membuat ikan jadi gampang bersembunyi dalam tumbuhan.

Ikan ini mempunyai 4 pasang barbels ataupun semacam duri tipis mirip kumis. Duri tipis itu menolong ikan buat menciptakan santapan di air berlumpur. Ikan pula terbantu buat melanda. Kala kamu berupaya menangkap ikan dalam akuarium, misalnya, ikan hendak menghasilkan suara pemberontakan sebab merasa terancam.

Tidak terdapat penutup pelindung pada matanya. Tetapi ada lipatan kulit di dasar zona matanya. Bagian ini berperan buat melindungi dirinya dari ancaman bahaya. Tetapi kamu hendak tidak sering melihatnya bila ikan telah mendiami akuarium.

Kesusahan Memelihara Botia Badut

Sisik ikan ini sangat tipis, sehingga kulitnya cenderung tidak terlindung. Zat beracun yang masuk ke dalam air akuariumnya juga dapat jadi ancaman sungguh- sungguh. Buat itu, hendaknya tidak meningkatkan obat apapun. Yakinkan keadaan airnya pula senantiasa terpelihara.

Perawatan Ikan Botia Badut dalam Akuarium

Ikan yang mempunyai julukan tiger botia, tiger loach, ataupun clown loach ini umumnya hidup berkelompok. Mereka dapat ditempatkan dalam tangki akuarium dimensi 450 liter. Bila jumlahnya antara 3- 5 ekor, tempatkan dalam akuarium dimensi 378 liter. Atur temperaturnya antara 24- 27 derajat celcius. Sedangkan pH- nya antara 6- 6, 5.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut