get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal Bisa Dicoba, Mudah Banget!

8 Cara Merawat Ikan Frontosa Untuk Pemula, Gampang Banget!

Rabu, 11 Januari 2023 | 11:45 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Frontosa. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ikan Frontosa memiliki suatu nama latin ialah Cyphotilapia frontosa yang ialah tipe ikan hias yang hidup di dalam air tawar serta pula tercantum kedalam famili Cichlidae. Ikan yang satu ini berasal dari negeri Afrika serta pula terletak di danau Tanganyika dan pula berkembangbiak dengan sangat baik dinegara Indonesia.

Ikan Frontosa ini merupakan salah satu tipe dari ikan siklid yang telah sangat banyak diminati oleh pasar ekspor sebab permintaan terhadap ikan ini yang terus menjadi bertambah.

Bersamaan dengan waktu serta pula cenderung tidak dapat penuhi permintaan yang diakibatkan oleh keterbatasan dalam penciptaan dari Ikan Frontosa ini sebab masih sedikit peternak yang membudidayakannya.

8 Cara Merawat Ikan Frontosa

1. Tipe Kelamin Pada Indukan Ikan Frontosa

Untuk dapat melaksanakan tahapan budidaya pada Ikan Frontosa, butuh pula untuk kalian tahu tipe kelamin dari ikan ini sebab untuk dapat membedakan pada tipe kelaminnya sedikit sulit terlebih untuk mereka yang masih belum sempat membudidayakannya.

Ikan Frontosa merupakan hewan yang bertipe monomorphic ialah hewan yang tidak memiliki perbandingan maupun sangat sedikit sekali perbandingan terhadap mereka.

Pada Ikan Frontosa yang satu ini. Perbedaannya hendak nampak pada penampilan raga, Ikan Frontosa yang Jantan mempunyai jenong yanng lebih besar dapat menggapai 35 centimeter dibandingkan dari yang betina yang cuma menggapai 25 centimeter.

Tetapi karakteristik tersebut bukan jadi pembeda yang tentu sebab tampaknya ada pula dimensi dari Ikan Frontosa betina yang dapat menggapai dimensi 35 centimeter.

Untuk itu, ditambahkan lagi aspek yang lain selaku aspek pendukung semacam jenong sebab yang jantan mempunyai jenong walaupun yang betina pula mempunyai jenong cuma saja pada yang jantan nampak lebih dominan.

Untuk aspek yang yang lain ialah venting, venting merupakan perlengkapan kelamin dari ikan. Cara ini hendak sangat pas sebab secara langsung keaspek karakteristik yang sesungguhnya, tetapi cara yang satu ini cuma dapat dicoba pada dimensi ikan yang telah menggapai dimensi 10 centimeter.

Untuk dapat membedakannya, tiap ikan hendak ada 2 buah lubang dimana lubang bagian atas merupakan anus serta pada lubang yang bagian dasar merupakan perlengkapan kelamin.

Bila perlengkapan kelamin nampak semacam vent membulat, hingga ikan tersebut berjenis kelamin betina, sebaliknya bila vent yang berupa lancip ikan itu berjenis jantan.

2. Persiapan Fasilitas Pembenihan Ikan Frontosa

Fasilitas yang hendak kalian butuhkan dalam melaksanakan budidaya pada Ikan Frontosa ialah suatu bak pengendapan air, akuarium pemeliharaan, serta pula suatu kolam pembenihan pastinya serta pula tercantum didalamnya perlengkapan ukur pH, kesadahan, thermometer, serta pula heater untuk fasilitas pendukung.

Kolam untuk pembenihan Ikan Frontosa telah memakai bak semen dengan dimensi 4 x x0, 6 meter ataupun dapat pula memakai bak fiberglass dengan wujud persegi 4.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut