get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

7 Cara Merawat Ikan Channa untuk Pemula, Gampang Banget!

Minggu, 08 Januari 2023 | 09:38 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Channa. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ikan channa merupakan ikan gabus hias yang saat ini tengah digandrungi sebab mempunyai warna serta corak yang indah. Ikan ini pula diketahui selaku snakehead sebab wujud kepalanya yang menyamai ular. Ada cara merawat ikan channa untuk pemula yang mudah sekali. Tertarik untuk memeliharanya? Cara merawat ikan channa pula tidak sangat susah, lho!

Ikan channa biasanya kokoh serta berusia panjang. Usia ikan channa bisa bertahan sampai 15 tahun asalkan dirawat dengan benar. Nah, kalian dapat memelihara ikan ini dalam aquarium yang besar.

Berikut merupakan cara merawat ikan channa supaya senantiasa sehat yang dapat kalian jalani:

Cara Merawat Ikan Channa untuk Pemula

1. Mempersiapkan aquarium yang sesuai

Ikan channa bisa berkembang jadi sangat besar sehingga memerlukan aquarium berdimensi lagi sampai besar. Tangki aquarium untuk ikan channa yang lebih besar pula diperlukan bila kalian berencana meningkatkan ikan serta tumbuhan lain ke dalamnya.

Dalam setting aquarium channa, tumbuhan air bisa menolong melindungi mereka supaya tidak bosan sekalian jadi areanya untuk bersembunyi. Ikan snakehead pula diketahui suka melompat. Jadi, dibutuhkan penutup pada bagian atas aquarium untuk mencegahnya melompat keluar.

Tetapi, yakinkan senantiasa terdapat jarak antara penutup cermin serta air dalam aquarium. Karena, ikan channa kerap kali naik ke permukaan air untuk memperoleh hawa.

2. Memasang filter aquarium

Kalian pula wajib mencermati mutu air yang digunakan selaku cara merawat ikan channa maru. Pasanglah filter aquarium untuk menyaring kotoran. Ikan channa memerlukan penyaringan yang baik. Karena, bila perputaran air tidak lumayan, ikan ini bisa dengan kilat jadi inang untuk gangga serta hama yang lain.

Filter aquarium bisa menolong mensterilkan kotoran yang dapat mengusik habitat ikan channa. Tetapi, ikan ini dapat membuat gerakan seketika yang menimbulkan air aquarium berlumpur serta filter tersumbat. Untuk meminimalisir perihal tersebut, hendaknya pakai kerikil berdimensi kecil serta lagi selaku bahan bawah dalam aquarium dibanding pasir.

3. Memantau temperatur air

Salah satu cara memelihara ikan channa merupakan memantau temperatur airnya. Air wajib lembut, asam, serta rendah nutrisi. Ikan ini menggemari air pada temperatur 27- 28 derajat Celcius dengan tingkatan pH antara 6- 7, 5.

Ikan channa memerlukan oksigen dalam jumlah besar sehingga aerasi yang kokoh ataupun filter yang efektif dibutuhkan untuk mempertahankan kandungan oksigen terlarut di atas 5 parts per million( ppm).

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut