get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal Bisa Dicoba, Mudah Banget!

4 Cara Budidaya Bandeng Air Tawar Dengan Mudah dan Benar

Sabtu, 07 Januari 2023 | 13:54 WIB
header img
Cara Budidaya Bandeng Air Tawar. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bandeng, siapa yang tidak tahu dengan ikan satu ini. Bandeng ialah ikan yang banyak disantap oleh warga Indonesia. Ikan ini bisa dengan mudah ditemui di pasar- pasar tradisional ataupun pasar- pasar modern. Apalagi bandeng telah banyak dijadikan industri oleh- oleh di tempat- tempat wisata maupun toko-toko yang spesial menjual oleh- oleh.

Pasti saja perihal ini sangat menarik warga buat membudidayakan ikan bandeng. Bagaimanakah cara budidaya bandeng supaya menciptakan bandeng yang melimpah? Ayo kita ikuti pembahasan berikut!

Habitat asli ikan bandeng merupakan air payau. Tetapi dengan terdapatnya inovasi dalam bidang perikanan, hingga dikala ini timbul varietas ikan bandeng air tawar.

Dalam proses budidaya ikan bandeng air tawar ini nyatanya lebih mudah penjaannya daripada ikan bandeng air payau. Cara budidaya ikan bandeng supaya memperoleh hasil melimpah hendak kita pelajari dalam postingan ini.

4 Cara Budidaya Bandeng Air Tawar

1. Kolam

Kolam pasti saja ialah perihal utama yang harus terdapat dikala kita hendak membudidayakan seluruh tipe ikan tercantum ikan bandeng. Kolam yang butuh kita persiapkan dalam budidaya bandeng merupakan selaku berikut:

  • Posisi kolam dengan pengairan yang lumayan serta kemudahan akses.
  • Kedalaman kolam yang cocok buat ikan bandeng lumayan 1 m.
  • Air yang baik digunakan merupakan air tanah.
  • Upayakan pembuatan kolam yang natural supaya mempermudah hidup plankton yang dapat dimanfaatkan buat santapan ikan.

Lebar kolam disesuaikan dengan jumlah benih ikan yang hendak dipelihara. Dengan kepadatan 100– 300 ekor/ m3 buat benih berdimensi 3– 4 gram.

2. Benih Ikan

Pemilihan benih ikan hendak sangat mempengaruhi terhadap hasil panen. Yakinkan buat memilah benih yang bermutu bagus dengan mencermati sebagian perihal selaku berikut. Seleksi benih bandeng air tawar yang sehat serta tidak cacat dengan cara memilah benih yang bergerak secara aktif serta leluasa dari penyakit.

  • Dimensi benih 2, 5 hingga 5 centimeter.
  • Penebaran Benih

Benih ikan yang baru dibeli jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam. Hendaknya benih dimasukkan dulu ke dalam ember besar buat mempersiapkan penebaran benih supaya tidak kaget serta tekanan pikiran. Sehabis bibit siap, masukkan benih ke dalam kolam dengan hati- hati.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut