get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

9 Langkah Check Kecepatan Internet di PC dan Handphone

Selasa, 10 Januari 2023 | 11:48 WIB
header img
Check Kecepatan Internet di PC dan Handphone. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Zaman saat ini internet penting untuk keperluan setiap hari, baik itu untuk bermain games online atau lakukan tugas setiap hari. Tetapi terkadang kamu tentu rasakan mengapa internetnya berasa sedikit lelet. Jika kamu ingin tahu berapakah kecepatan internet yang kamu peroleh, ada kok langkah check nya yang dapat kamu kerjakan sendiri.

Hasil dari pengujian ini kamu dapat ambil perlakuan, jika memang waktu itu kecepatannya sedang turun kamu dapat memberikan laporan ke provider internet kamu agar selekasnya dilaksanakan pengujian.

9 Langkah Check Kecepatan Internet di PC dan Handphone

Tetapi jika tidak, memiliki arti ada yang membuat mengapa internet kamu sangat terasa lelet sekali, kemungkinan ada seseorang di jaringan yang serupa sedang unduh, atau lakukan streaming. Berikut langkah check kecepatan internet yang dapat kamu kerjakan sendiri!

1. Ping-test.net

Situs ini dapat kamu pakai untuk lakukan pengujian kecepatan internet baik itu kecepatan unduh dan kecepatan unggah sekalian lakukan test ping ke 7 server yang lain untuk menyaksikan kestabilan akses internet.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa berkunjung situs http://ping-test.net/ untuk lakukan ping tes. Untuk lakukan test kecepatan kamu dapat pilih opsi start Speed Tes.

Nantikan prosesnya dan hasil yang diberi akan cukup mendalam dan memberi banyak info yang kamu perlukan.

2. Speedtest.net

Website ini ialah situs pengujian speed internet yang terpopuler dan sering dipakai. Yang membuat speedtest sering dipakai ialah pemakai dapat pilih server mana yang hendak dipakai tes.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa berkunjung situs https://www.speedtest.net/, kemudian kamu dapat click tombol GO yang berada di tengah untuk mengawali tes. Kamu dapat menuggu prosesnya sampai usai untuk memperoleh hasil yang tepat berkenaan kecepatan internet dan Ping.

3. Mtr..net

Langkah untuk check kecepatan internet setelah itu memakai Mtr..net yang telah dipakai semenjak tahun 2001. Penampilannya cukuplah sederhana dan dengan warna yang nyaman dimata.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa berkunjung situs https://www.mtr..net/, kemudian kamu dapat click Start tes untuk mengawali tes. Kamu bisa juga pilih server mana yang hendak kamu pakai dalam tes.

Tunggu hingga prosesnya usai untuk memperoleh hasil berapakah kecepatan internet kamu terhitung downrate, uprate dan pingnya. Kamu bisa juga menyaksikan peringkat akses internet kamu jika dibanding dengan pemakai lain.


Langkah Check Kecepatan Internet di PC dan Handphone. (okezone.com)

4. CBN Speedtest

Cyberindo Aditama ialah internet provider dan tv kabel yang sediakan sarana pengujian kecepatan internet. Memakai server hosting lokal, di-claim dapat memberi hasil yang tepat.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa berkunjung situs https://speedtest.cbn.net.id/, kemudian kamu dapat click GO untuk mengawali tes. Tunggu hingga prosesnya usai dan kamu akan memperoleh hasil yang kamu harapkan.

5. Bandwidth Place

Dengan memakai Bandwidth Place kamu dapat mengeset sendiri server yang hendak kamu pakai dalam pengujian agar hasilnya dapat tepat dan optimal.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa berkunjung situs https://www.bandwidthplace.com/. Kamu dapat pilih server yang hendak kamu pakai lebih dulu dengan pilih fastest server atau pilih lewat map.

Jika kamu berasa terlampau repot, kamu juga bisa ikuti opsi auto select. Nantikan prosesnya dan kamu dapat memperoleh hasil downrate, uprate dan ping akses internet kamu.

6. Indihome speedtest

Jika kamu memakai Indihome, karena itu langkah check kecepatan internet ini ialah yang terbaik untukmu. Karena memakai server yang serupa dengan server indihome, jadi hasilnya sesuai keadaan internet kamu sekarang ini.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa berkunjung situs http://www.indihomesolution.com/p/speedtest.html. Kemudian kamu hanya click GO untuk lakukan tes kecepatan internet.

Nantikan hasilnya dan kamu akan memperoleh hasil komplet kecepatan internetmu. Jika kamu berasa kecepatanmu di bawah yang semestinya kamu langsung bisa protes lewat kotak kometar yang telah ada.

7. Speed Tes by Cheetah Mobile

Program kembangan Cheetah Mobile ini dapat kamu pakai pada handphone Android. Dengan memakai program ini pengujian kecepatan internet di handphone kamu semakin lebih gampang.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu langsung bisa unduh program ini di Playstore dan selekasnya check kecepatan internet kamu sesudah usai unduh.

8. Internet Speed Tes

Program ini dibikin oleh Yuhi Development,LLC dan dapat kamu pakai untuk lakukan pengujian kecepatan internet di handphone Android kamu. Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu tinggal unduh dan install program ini lewat Playstore. Turuti panduan yang berada di dalamnya untuk lakukan pengujian kecepatan internet.

9. Speedtest By Ookla

Selainnya memakai situs Speedtest.net, kamu bisa juga lakukan pengujian dengan memakai program speedtest By Ookla. Tidak ada ketidaksamaan, cuma memudahkan pemakaian di handphone karena berbentuk program.

Langkah pemakaianya lumayan gampang, kamu tinggal unduh saja lewat Playstore dan click pada Begin Tes untuk lakukan pengujian sampai usai.

Begitu langkah check kecepatan internet yang dapat kamu kerjakan sendiri baik memakai PC atau memakai handphone Android. Tidak begitu susah kan?

Jika kamu kerap memakai akses internet kamu untuk bermain games online, sebaiknya kamu lakukan tes dengan memakai server luar. Jika kamu cuma memakai untuk keperluan setiap hari kamu dapat memakai server lokal untuk pencekannya.

Itulah langkah check kecepatan internet di PC dan Handphone dengan mudah dan tepat. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut