get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

Cara Root Android Tanpa PC yang Benar dan Aman, Anti Ribet!

Kamis, 12 Januari 2023 | 09:38 WIB
header img
Cara Root Android Tanpa PC. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Ingin kontrol penuh atas handphonemu? Rooting buka jalan dan kelonggaran yang tidak terbatas, tetapi itu bisa juga mematikan garansi, bahkan juga menghancurkan handphone secara tetap. Untuk itu, lakukan cara root android tanpa PC yang benar dan aman.

Perusahaan manufacturing selalu menahan kamu untuk lakukan rooting - jika salah, handphone kamu dapat hancur tetap. Akan tetapi, root yang sukses memberi kamu banyak keuntungan dimulai dari hilangkan software bawaan yang sampah, overclock prosesor, dan melakukan modifikasi tiap komponen penampilan dari handphone kamu.

Panduan berikut akan bawa kamu ke beberapa tahap yang penting dilaksanakan dalam nge-root handphone. Beberapa handphone cuma memakan waktu perhitungan menit, beberapa lainnya dapat semakin susah.

Tetapi satu perihal yang jelas ialah, root yang sukses akan buka jalan untuk kamu untuk mengoptimalkan kekuatan handphone-mu.

Apakah itu Root?

Nge-Root Android dapat disebut sama dengan Usilbreak di iPhone. Pada intinya, ini memungkinkannya kamu untuk masuk lebih dalam ke penataan mekanisme untuk melakukan modifikasi apa saja di piranti kamu.

Dengan akses Root, kamu dapat lakukan beberapa hal di handphone kamu yang semula dilarang oleh perusahaan manufakturnya. Contoh, overclocking untuk mainkan beberapa game android dengan diagram terbaik yang semestinya tidak dapat digerakkan di handphone lelet punya kamu.

Apa Peranan Root?

Satu argumen khusus rooting untuk hilangkan software-software bawaan yang tidak dapat di-uninstall. Di sejumlah piranti, rooting akan aktifkan penataan yang semula dimatikan dari manufacturing, misalkan wireless tethering.

Beberapa keuntungan lainnya ialah kamu dapat nge flash ROM kustom dan instal software tambahan. Ke-2 nya dapat tingkatkan perform handphone mu secara mencolok.

Beberapa app khusus root dapat lakukan backup data automatis ke cloud, mem-blok iklan di ponsel android, membuat secure tunnel ke internet, overclock prosesor, dan jadikan handphone kamu hotspot wireless.

Apa Risiko Root?

Berikut beberapa risiko dari rooting handphone sendiri:

1. Garansi hangus

Beberapa perusahaan manufacturing akan menghanguskan garansi bila kamu lakukan rooting di handphone android kamu, sehingga kamu perlu selalu siap untuk un-root jika dibutuhkan. Jika kamu perlu mengirimi handphonemu untuk pembaruan, flash saja backup software bawaannya hingga garansi masih tetap berlaku.

2. Hancur permanen

Jika proses rootingnya tidak berhasil, kamu dapat merusak handphonemu secara permanen, alias tidak dapat digunakan kembali. Langkah paling mudah untuk menahan ini terjadi dengan membaca perintah dengan cermat.

Yakinkan perintah yang kamu turuti telah up-to-date dan sesuai piranti dan software bawaan kamu. Yakinkan ROM kustom yang hendak kamu flash memang detil untuk mode piranti dan OS mu. Jika kamu lakukan penelitian secara baik dan cermat, tak perlu khawatir karena semua akan aman.

3. Risiko keamanan

Rooting dapat munculkan risiko keamanan. Bergantung program yang kamu pakai, root dapat munculkan sela keamanan. Beberapa malware dapat manfaatkan ini untuk mengambil data, memasang malware lain, atau serang piranti lain dengan trafik web yang beresiko.


Cara Root Android Tanpa PC. (iNews.id)

4. Menghancurkan software

Beberapa program yang paling peka masalah keamanan umumnya tidak dapat dipakai dengan Root. Basis keuangan seperti Android Pay pasti menampik untuk dipakai di handphone dengan akses root. Beberapa program yang menyuguhkan content berbayar umumnya tidak dapat dipakai di handphone dengan root.

Salah satunya langkah paling mudah untuk rooting ialah memakai program, dan beberapa app khusus rooting yang terkenal ialah KingRoot, Firmware.mobi, Kingo Root, BaiduRoot, dan One Klik Root. Cukup ditinggalkan mandi, rooting akan usai.

Rooting Android 7.0 Nougat dan keatas semakin lebih sulit dibandingkan OS awalnya. Mekanisme akan memeriksa apa kredibilitas kriptografi handphone kamu telah dirubah atau memang belum. Untungnya, program rooting tidak ingin kalah dan selalu turut mengupdate langkah kerjanya.

Jika handphone kamu tidak cocok dengan program rooting yang tinggal klik-klik saja, kamu harus habiskan waktu semakin lama untuk penelitian berkenaan langkah cara rooting.

Kamu dapat belajar dalam komunitas forum android seperti XDA Developers Komunitas, dapatkan thread mengenai handphone-mu dan umumnya ada ulasan berkenaan rooting.

Nach, kita awali tahap riil yang penting kamu kerjakan. Sebagai penyiapan root, berikut tahapan yang penting kamu kerjakan:

1. Backup semua data penting

Kamu dapat kerjakan ini dengan copy ke kartu memori, atau unggah ke penyimpanan online seperti google drive atau dropbox.

2. Yakinkan battery berisi penuh

Selalu yakinkan battery handphone kamu ada di 100% sesaat akan rooting.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking

Kamu perlu aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking. Kerjakan ini dengan buka Settings di handphone. Jika tidak ada Developer Options di bagian bawah monitor Settings, turuti tahapan berikut ini:

  • Tap About Phone dan dapatkan Build Number
  • Tap Build Number sekitar 7x, karena itu Developer Options akan ada di dalam Settings
  • Tap Back untuk menyaksikan Developer Options yang baru
  • Tap Developer Options
  • Ceklis USB Debugging
  • Ceklis OEM Unlocking

4. Instal Android SDK Basis Tools

Dahulu, rooting harus mengikutsertakan semua development kit android punya Google. Untungnya saat ini tak lagi, yang kamu butuhkan hanya Android SDK Basis Tools

Unduh dan Instal Android SDK Basis Tools dari situs developer Google. Ada opsi untuk Windows, Mac, dan Linux. Perintah di bawah untuk Windows. Konsentrat file zip, lalu saat disuruh directory instal, kami merekomendasikan di C:android-sdk. Jika kamu pilih lokasi lain, yakinkan saja kamu ingat.

5. Instal USB driver

Untuk pastikan computer kamu dapat berbicara dengan handphone atau tablet, kamu perlu memasang USB driver yang pas. Beberapa handphone telah mempunyai driver yang terpadu di dalamnya hingga tinggal tusuk saja. Jika tidak dapat, kamu dapat googling "usb driver [tipe dan merek handphone]", dan mencari situs sah merek itu untuk unduh drivernya.

6. Unlock bootloader

Sesaat akan, kamu perlu unlock bootloader handphonemu. Bootloader ialah program yang buka OS handphone. Dia tentukan program apa yang penting digerakkan saat proses startup.

Beberapa perusahaan mewajibkan kamu untuk mempunyai kunci jika ingin unlock bootloader. Motorola, HTC, LG, dan Sony memberi perintah step-by-step untuk melakukan, tetapi ingat: Mereka mewajibkan kamu untuk membikin account developer lebih dulu.

Sayang, pemakai Huawei dan Honor tidak dapat kembali buka kunci bootloader semenjak Juli 2018. Jika kamu pemakai Huawei atau Honor dan masih tetap ingin nge-Root, pakai program faksi ke-3 seperti DC-Unlocker.

Jika beberapa tahap di atas telah kamu tuntaskan, kamu mulai bisa proses unlocking. Kamu perlu memasangkan pirantimu di model fastboot. Tiap handphone berbeda triknya, tetapi untuk umumnya handphone , kamu dapat tahan tombol Power dan Volume Down sepanjang 10 detik.

Sesudah masuk ke fastboot, masuk ke folder yang telah kamu masukan file Android SDK nya. Selanjutnya membuka command prompt di PC kamu dengan click Shift+Klik Kanan lalu pilih "Open a Command Prompt Here." Jika komputermu minta code, kamu akan mendapatkan serangkaian watak yang panjang.

Paste code itu ke kolom di web perusahaan manufacturing handphonemu, lalu submit, selanjutnya nantikan e-mail yang berisi keyword, file, dan perintah seterusnya.

Untuk buka kunci bootloader, hubungkan handphone ke computer dan masuk ke model fastboot kembali. Membuka comand promt dengan tulis cmd di Start Menu. Untuk Google Nexus dan Google Piksel, triknya mudah:

  • Nexus: Tulis "fastboot oem unlock" (tanpa pertanda kutip) dan pencet Enter
  • Piksel: Tulis "fastboot flashing unlock: (tanpa pertanda kutip) dan pencet Enter

Untuk Motorola:

  • Tulis "oem unlock UNIQUE_KEY" (tanpa pertanda kutip), tukar UNIQUE_KEY dengan code yang kamu terima
  • Untuk HTC:
  • Tulis "unlocktoken Unlock_code.bin (tanpa pertanda kutip), tukar Unlock_code.bin dengan file yang kamu terima
  • Verifikasi unlocknya, dan kamu telah satu cara dekati rooting handphone Android.

Beberapa perusahaan manufacturing tidak merekomendasikan bootloader unlocking, tetapi tidak berarti ini tidak dapat dilaksanakan. Coba searching ke XDA Developers Komunitas untuk trick dan jalan keluar non-official (yang umumnya lebih solutif).

Itulah cara root android tanpa PC yang benar dijamin anti ribet. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut