get app
inews
Aa Read Next : Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

9 Deretan Tumbuhan Teraneh di Dunia yang Jarang Diketahui

Selasa, 02 Mei 2023 | 12:47 WIB
header img
Deretan Tumbuhan Teraneh di Dunia. (okezone.com)

BATU, iNewsBatu.id - Tumbuhan teraneh atau unik seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti dan penggemar alam. Beberapa tumbuhan memiliki bentuk dan sifat yang aneh dan menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia. Berikut adalah delapan tumbuhan teraneh di dunia yang patut untuk diketahui.

9 Deretan Tumbuhan Teraneh di Dunia

1. Rafflesia arnoldii

Rafflesia arnoldii adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di daerah hutan hujan Indonesia dan Malaysia. Tumbuhan ini unik karena memiliki bunga terbesar di dunia, dengan diameter bisa mencapai 1 meter dan berat hingga 10 kilogram. Namun, Rafflesia arnoldii tidak memiliki daun, batang, atau akar yang sebenarnya. Ia parasit pada akar tumbuhan inang untuk mendapatkan nutrisi.

2. Nepenthes rajah

Nepenthes rajah adalah tumbuhan kantong semar yang hanya ditemukan di Gunung Kinabalu di Borneo. Tumbuhan ini unik karena memiliki kantong yang dapat menangkap serangga, tikus kecil, dan bahkan burung kecil.

Kantong-kantong itu dipenuhi dengan cairan pencernaan yang membantu memecah mangsa dan mengambil nutrisinya. Nepenthes rajah juga memiliki bunga besar dan indah yang hanya mekar selama beberapa hari dalam setahun.

3. Welwitschia mirabilis

Welwitschia mirabilis adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di gurun Namibia dan Angola. Tumbuhan ini unik karena bisa hidup selama ribuan tahun dan hanya memiliki dua daun raksasa yang tumbuh sepanjang hidupnya.

Daun-daun itu terus tumbuh dan meluas seiring waktu, dan biasanya terlihat tua dan kering. Welwitschia mirabilis juga memiliki sistem akar yang dalam dan luas yang membantu menangkap air di bawah tanah.

5. Dracaena cinnabari

Dracaena cinnabari adalah tumbuhan palem langka yang hanya tumbuh di Kepulauan Socotra, Yaman. Tumbuhan ini unik karena memiliki batang yang merah dan menjulang tinggi, dengan daun-daun yang terlihat seperti payung besar di bagian atas. Dracaena cinnabari juga menghasilkan getah merah darah yang digunakan sebagai bahan obat tradisional dan pewarna alami.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut