get app
inews
Aa Read Next : Warung Madura: Toserba Tradisional 24 Jam, Andalan Masyarakat Lokal

Cerita Perempuan Cantik, Pelantun Pantun Tegur Pelanggar Lalu Lintas di Malang

Kamis, 01 Agustus 2024 | 08:15 WIB
header img
Cerita Perempuan Cantik, Pelantun Pantun Tegur Pelanggar Lalu Lintas di Malang (Foto: Okezone)

Ajeng mengisahkan, cerita menarik datang saat ia pernah bertugas menegur emak-emak berkendara tak menggunakan helm. Tapi tiba-tiba entah bagaimana ceritanya, ada pengemudi ojek online (ojol) yang datang hingga memberinya helm.

"Salah satu cerita yang mengenai ketika kita melanggar ibu-ibu Ibu tidak menggunakan helm, ternyata ada bapak grab yang meminjamkan helm ke mbaknya, itu salah satu konten yang kita buat diunggah di Instagram ternyata viral, dan banyak direpost," tuturnya.

Selain kisah emak-emak itu, menurutnya beberapa pengendara motor juga tersenyum ketika ditegur. Bahkan ketika ada dua pengendara yang membonceng anaknya tak mengenakan helm diingatkan, juga tersenyum.

"Mohon ibu jika setuju demi keselamatan anak anda tolong acungkan jempol ke arah kamera," ungkap Ajeng, saat memberikan himbauan melalui pengeras suara ke pemotor di Jalan Letjend S. Parman, Kota Malang.

Menurutnya, cerita-cerita unik dari pelanggar yang muncul biasanya akan diunggah di media sosial (medsos) melalui Instagram Dinas Perhubungan Kota Malang. Unggahan itu untuk mengedukasi masyarakat supaya lebih patuh peraturan berkendara, demi keselamatan dan keamanan bersama.

"Sehari bisa 50 lebih, ternyata pengendara di kota Malang ternyata masih banyak yang melanggar. Karena Dishub itu tidak ada wewenang untuk penindakan, tapi kita harus tetap berperan dalam keselamatan berlalu lintas. Jadi kita upayakan semaksimal mungkin yaitu dengan menghimbau melanggar-pelanggarnya di jalan, salah satunya dengan pantun tadi," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang (Kadishub) Widjaja Saleh Putra menuturkan, peneguran secara persuasif dilakukan melalui area command center yang terpantau dari kamera CCTV. Petugas penegurnya pun bergantian dengan waktu hanya di jam kerja hingga pukul 16.00 WIB.

"Kita di command center pemantauan setiap hari, menggunakan voice announcer sesuai kebutuhan saja. (Teguran persuasif? Kita upayakan setiap hari selalu ada. Karena pelanggar kan tidak mesti diketahui karena yang menggunakan jalan begitu banyak," ungkap Widjaja, dikonfirmasi terpisah.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut