Sering Nyeri Haid? Coba Lakukan 5 Pose Yoga ini Untuk Menguranginya

bayu pratama
ilustrasi nyeri haid (foto: freepik)

BATU, inews.id - Alami kram menstruasi pasti benar-benar mengusik kegiatan Anda. Apa lagi kram disaat itu datang dengan rasa menyakitkan dan sering membuat beberapa wanita patah semangat.

Ada faktor-faktor yang mendasari rasa nyeri haid, salah satunya kekurangan tidur, endometriosis, radang panggul, heavy flow, fibroid kandungan, depresi, stenosis serviks, sukai konsumsi makanan buatan, adenomiosis, dan konsumsi pil KB.

Jika permasalahan nyeri haid berjalan lama dan terjadi terus-terusan sepanjang tiba bulan, Anda dapat lakukan suatu hal yang memiliki sifat fisik untuk menurunkan nyeri itu.

Olahraga yoga adalah aktivitas fisik paling efisien membantu menangani rasa sakit yang disebabkan karena menstruasi.

Berikut lima gaya yoga terbaik yang dapat Anda kerjakan untuk meminimalkan nyeri haid, seperti merilis dari Intimina, Senin (27/6/2022).

1. Adapted Child's Pose

Pose Yoga pertama untuk mengurangi nyeri haid adalah Adapted Child's Pose. Untuk langka melakukukan gaya yoga ini: Mulai dengan status berlutut. Turunkan pantat ke tumit. Duduk tegak, lalu buang napas dan regangkan badan ke bawah dan di depan, hingga perut bertopang di atas paha.

Selanjutnya, bentangkan tangan di atas kepala Anda, lalu tempatkan tangan dan badan di sejauh lantai sampai dahi sentuh matras.

Dalam status itu, Anda akan rasakan regangan enteng di pundak dan pantat, dan sejauh tulang belakang dan lengan.

Tahan status sampai semenit ataupun lebih, bernapaslah secara halus. Bila Anda ingin berfoto lebih dalam, Anda dapat buka pinggul dengan arahkan lutut ke pinggir matras.

Panduan: Bila kesusahan istirahatkan pantat di tumit, Anda dapat menempatkan selimut yang terlipat antara sisi belakang paha dan betis.

2. Happy baby Pose

Langkah lakukan gaya ini: bila Anda baru mengenali yoga, pose bahagia baby kemungkinan kelihatan cukup konyol. Tapi sebetulnya, pergerakan ini baik untuk menggulung tulang belakang.

Mulai dengan tiduran telentang dan dekatkan lutut ke dada dengan tumit sejajar langit-langit. Pegang pinggir luar kaki, selanjutnya pelan-pelan mulai bergoyang dari segi ke segi, ke belakang dan ke depan. Janganlah lupa untuk tersenyum lebar dan salurkan inner child Anda.

Panduan: bila dagu memanjang ke atas pundak lepas dari tanah karena rukangnya elastisitas badan, Anda dapat menggenggam pergelangan kaki atau tulang kering sebagai tukarnya. Yang paling penting ialah dada Anda tetap harus terbuka dan rata dengan tanah.

3. Supine Twist Pose

Pose Yoga selanjutnya untuk mengurangi nyeri haid adalah Supine Twist Pose. Untuk langkah lakukan pose ini: mulai tiduran terlentang dengan kaki terentang.

Saat Anda menarik napas, membawa satu lutut ke dada dan regangkan ke pundak Anda. Selanjutnya, saat Anda keluarkan napas, lipat lutut melewati badan ke segi yang bersimpangan, sekalian satu kaki masih direntangkan.

Ingat-ingatlah jika punggung Anda tetap harus rata dengan tanah, cuma pinggul yang berputar-putar. Hadapkan kepala Anda jauh dari arah lutut. Kerjakan hal sama pada status kebalikannya.

Gaya ini baik untuk meregangkan punggung bawah. Yakinkan gaya yang Anda kerjakan diulang secara rata di ke-2 segi badan dan pergerakan dengan perlahan-lahan.

Panduan: bila Anda mempunyai kebatasan gerak di pinggul, Anda dapat lakukan gaya ini dengan menempatkan bantal di bawah lutut yang lancip. Saat Anda memerlukan pengenduran lebih dalam, minta seorang rekan untuk membantu dengan memberi penekanan pada utut dan pundak yang bersimpangan. Dorong perlahan-lahan sampai batasan kekuatan badan Anda.

4. Camel pose stretches

Langkah lakukan gaya ini: berlutut di atas matras dengan lutut terbuka dengan lebar pinggul. Tempatkan tangan di pinggul, selanjutnya bentangkan tulang belakang Anda dan condongkan badan ke belakang, lalu tempatkan tangan pada tumit. Bila susah, sisipkan jemari kaki ke untuk mengusung tumit.

Seterusnya, panjangkan leher dan diamkan kepala Anda meliuk ke belakang. Untuk pengenduran yang lebih dalam, angkat satu tangan dari sisi telinga sekalian menggenggam tumit dengan tangan yang lain.

Tahan pergerakan ini sepanjang dua napas, lalu tukar lengan dan tahan sampai lima napas.

Panduan: waspada tidak untuk bawa kepala terlampau jauh ke belakang, karenanya bisa mengakibatkan leher tegang. Menjaga leher Anda masih tetap panjang dalam status yang nyama sepanjang melakukkan gaya.

5. Bow pose stretches

Pose Yoga terakhir untuk mengurangi nyeri haid adalah Bow pose stretches. Untuk langkah lakukan gaya ini: mulai tiduran telungkup dengan kaki terbuka dengan lebar pinggul dan lengan dari sisi.

Saat mengembuskan napas, tekuk lutut dan bentangkan tangan untuk meredam pergelangan kaki sisi luar. Ambil napas, lalu angkat tumit kea rah langit-langit, selanjutnya angkat paha ke atas dan keluar matras.

Lihat di depan sekalian bernapas secara halus. Tahan status sepanjang 15 sampai 20 detik.

Panduan: tidak boleh latihan pose ini bila Anda memilikii cidera punggung bawah, cidera leher, mempunyai tekanan darah rendah atau tinggi.

Tersebut kelima pose yoga yang dapat Anda praktikkan di dalam rumah. Kerjakan pergerakan sesuai panduan supaya memperoleh hasil yang diharapkan, yakni menurunkan nyeri saat menstruasi.

Bila takut lakukan pergerakan secara mandiri, Anda dapat menggunakan kontribusi pelatih untuk membantu pergerakan yoga yang diartikan.

Editor : Dean Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network