Tidak Hanya Indonesia, Negara ini Juga Pakai Bahasa Jawa sebagai Bahasa Daerah

Dean Ismail
ilustrasi orang jawa (phinnemo)

BATU, iNews.id - Salah satu yang menjadi ujung tombak dari berhasilnya sebuah komunikasi adalah ketika satu sama lain antara komunikator dan komunikan memiliki satu kesepahaman dalam berbahasa.

Ya, bahasa itu adalah media agar apa yang disampaikan oleh seseorang dapat dicerna dan dimengerti oleh orang lain. Karena itulah menguasai suatu bahasa adalah keharusan agar dapat berteman bahkan juga bersilaturahmi dengan orang dari daerah lain.

Nah, Indonesia sendiri dikenal sebagai negara multi bahasa. Sebuah negara yang punya banyak sekali bahasa daerah yang masing-masing punya keunikannya tersendiri. Bahasa-bahasa itu kemudian dipersatukan oleh bahasa Indonesia sebagai jalan tengah komunikasi antara daerah satu dan daerah yang lainnya.

Tapi, tetap saja menguasai sebuah bahasa daerah adalah keperluan yang harus senantiasa dilestarikan oleh setiap manusia Indonesia. Menjaga bahasa-bahasa itu tetap ada dan terus digunakan di puluhan tahun kedepan adalah tanggung jawab bersama.

Jadi, ketika suatu saat ada sebuah negara yang mengklaim bahasa daerah kita. Tentu, kita semua dapat membuktikannya dengan kemampuan serta kefasihan kita berbahasa daerah.

Tapi, pertanyaanya memang ada negara lain yang menggunakan bahasa daerah yang sama dengan bahasa daerah di Indonesia? Jawabanya tentu ada. Ada beberapa negara di dunia yang ternyata menggunakan bahasa salah satu daerah asli Indonesia.

Betul, bahasa Jawa. Bahasa yang satu ini juga ternyata digunakan oleh beberapa negara lain dalam kesehariannya. Ga percaya? Kita sudah rangkumkan 5 negara yang menggunakan bahasa Jawa. Simak ulasannya berikut ini:

1. Malaysia

Negara beribukotakan Kuala Lumpur ini juga ternyata memiliki sebuah daerah yang disana para penduduknya menggunakan bahasa Jawa. Mengapa bisa demikian?

Sebab dulu sekitar tahun 1900 banyak orang Indonesia yang pindah ataupun bermigrasi ke Malaysia. Alasannya karena tekanan ekonomi yang hebat. Disana kemudian mereka berkembang dan menjadi bagian dari negara Malaysia.

Saat ini barangkali sudah memasuki generasi ke 4 semenjak leluhur mereka tiba di Malaysia, akan tetapi mereka tetap menggunakan bahasa Jawa dikesehariannya meskipun tak dilontarkan dengan fasih.

Beberapa juga bahkan masih menjalankan tradisi adat Jawa di negeri jiran tersebut. Kebanyakan suku Jawa di Malaysia ini tinggal di Negeri Selangor tepatnya di Tanjung Karang.

2. Singapura

Masih di negara yang tak terlalu jauh dari Indonesia. Ada Singapura sebagai salah satu negara yang paling maju di Asia Tenggara. Disana ternyata kita dapat menemukan sebuah kampung bernama Kampung Jawa di tepi sungai Rochor.

Ada satu hal yang membuat banyak orang Jawa yang tinggal disana. Dulu sekitar tahun 1825 sejumlah pekerja dikirimkan ke Negeri Singa itu. Mereka dipekerjakan sebagai buruh pada perkebunan karet dan jalur kereta api.

Umumnya mereka yang diberangkatkan ke Singapura adalah masyarakat dari Provinsi Jawa Tengah yang kemudian bermukim dan mendirikan sebuah pemukiman sampai saat ini.

3. Suriname

Banyak yang sudah tahu jika di negara ini banyak sekali etnis Jawa. Bahkan bahasa Jawa adalah salah satu bahasa populer dan juga diakui sebagai bahasa daerah di negara yang terletak di Benua Amerika tersebut.

Suriname dan Indonesia memiliki nasib yang sama. Kedua negara ini dijajah oleh Belanda. Pada tahun 1890 sampai 1939 banyak sekali orang Indonesia yang berasal dari suku Jawa yang diberangkatkan ke negara yang dahulu dinamai Guyana Belanda itu.

Tak tanggung-tanggung sekitar 75 ribu orang kita diangkut ke Suriname dan dipekerjakan disana. Hingga kini etnis Jawa masih sangat banyak disana. Bahkan tak sedikit dari mereka yang memiliki jabatan penting di pemerintahan.

4. Belanda

Sudah dipastikan, negara yang menjajah Indonesia berabad-abad itu juga menaruh minat terhadap bahasa Jawa. Dulu, banyak juga orang-orang Indonesia yang menjadi budak dan pekerja di Belanda. mereka dipekerjakan disana.

Hingga akhirnya bahasa Jawa juga cukup populer disana. Bahkan Universitas Leiden di Belanda juga membuka program studi bahasa Jawa. Universitas ini adalah salah satu universitas favorit di Negeri Oranye. Bahkan ada banyak naskah-naskah kuno kita yang tersimpan disana.

5. Cocos Island

Baru dengar nama negara ini? Memang negara ini adalah negara yang teramat kecil. berbentuk kepulauan dan hanya memiliki luas 14 Km saja.

Cocos Island masuk kedalam teritorial negara Australia, meski dilihat dari peta negara ini cukup dekat dari Indonesia. Letaknya ada disebelah barat daya pulau Jawa.

Sebanyak 80% penduduk di negara kepualaun ini adalah orang Melayu dan Jawa. Sebab pada masa kolonialisme, banyak orang kita yang dibawa oleh Inggris kesana dan lagi-lagi untuk dipekerjakan pada abad ke 19.

Salah satu yang menarik dari negara bercorak Islam itu adalah teletak pada logo negaranya yang terang-terangan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu negara beribukotakan West Island ini juga memiliki Moto “Maju Pulau Kita”.

Editor : Dean Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network