Cara Mengecek Ejaan Tulisan Salah di Microsoft Word Dengan Mudah dan Simpel

Dean Ismail
Ilustrasi cara cek typo dengan word di kamar (iNews.id)

BATU, iNews.id - Dalam mengerjakan sebuah tugas baik itu tugas sekolah maupun tugas dalam bidang pekerjaan, pastinya pernah ada melakukan kesalahan dalam pengejaan atau dengan kata lain pernah melakukan typo.

Typo bisa dilakukan dimana saja, salah satunya di aplikasi Microsoft Word. Langkah cek typo di word dapat dilaksanakan secara offline secara mudah dan ringkas. Kesalahan ejaan jadi satu hal yang lumrah saat sedang membuat tulisan.

Namun, ini bisa menjadi permasalahan saat kamu sedang membuat satu karya tulis atau pekerjaan akhir seperti skripsi. Karena, tipe penulisan itu memerlukan data dan informasi yang valid.

Dengan demikian, kesalahan ejaan atau typo sebagai satu hal yang penting dijauhi.

Langkah cek typo di Word bisa juga memakai fitur proofing.

Sayangnya, fitur itu perlu diaktifkan lebih dulu. Selain itu, umumnya fitur ini cuma ada dengan bahasa Inggris . Maka, untuk memakai fitur proofing dengan bahasa Indonesia kamu perlu menginstal lebih dulu.

Terdapat dua langkah mudah untuk cek typo di word secara offline yakni dengan cara unduh kamus Bahasa Indonesia dan langkah untuk cek typo melalui proofing.

Berikut langkah cek typo di Word secara off-line dengan bahasa Indonesia secara mudah.

Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa di Microsoft Word secara offline kamu perlu aktifkan fitur Proofing lebih dulu.

Fitur ini dapat dipakai untuk Microsoft Word 2010, 2013, 2016, dan 2019. Tetapi saat sebelum aktifkan fitur proofing bahasa Indonesia, kamu perlu mengunduh Kamus Bahasa Indonesia Microsoft lebih dulu. 

Langkah Mengunduh Kamus Bahasa Indonesia Microsoft

  • Masuk pada menu Languange

Membuka Microsoft Word selanjutnya pilih menu File. Seterusnya klik ‘Options' di bagian bawah. Sesudah muncul menu jendela Option, pilih opsi ‘Languange'.

  • Tambah Bahasa Indonesia

Di bagian Office authoring languages and proofing, yakinkan telah ada bahasa Indonesia di kolom itu, bila belum klik tombol Add a language dan mencari 'Indonesian' selanjutnya klik Add.

  • Ambil kamus Bahasa Indonesia resmi Microsoft Word

Sesudah ada pilihan Indonesian, klik opsi ‘Proofing Available' dari sisi tulisan Indonesia itu. Kamu akan masuk ke situs Microsoft lalu ambil kamus bahasa Indonesia resmi dari Microsoft Office itu dengan mengklik ‘Download'.

Seterusnya, tunggu unduhan sampai usai dan install kamus bahasa Indonesia pada program Microsoft Word pada perangkat kamu.

Langkah aktifkan fitur proofing Indonesia 

Sesudah sukses memasang kamus Bahasa Indonesia, cara seterusnya adalah aktifkan fitur Proofing Word Indonesia. Berikut cara secara lengkap:

  • Masuk pada menu Options

Masuk pada menu Options, selanjutnya pilih Languange.

  • Tentukan Indonesia

Kemudian, pilih Indonesia dan klik Set as Preferred.

  • Klik opsi Proofing

Seterusnya klik pilihan Proofing, centang semua pilihan terkecuali Show readibility statistics di bagian When correcting spelling and grammar in word dan klik OK.

  • Selesai

Nah itulah cara untuk cek typo di Microft Word. Semoga bermanfaat!

Editor : Dean Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network