Begini Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi dengan Handphone, Waspada Pengintai!

bayu pratama
Ilustrasi Kamera Tersembunyi. (inews.id)

BATU, iNews.id - Kamera pengintai seperti CCTV sebenarnya dibutuhkan untuk membantu meningkatkan keamanan rumah atau lingkungan sekitar. Tetapi, ada saja yang menyalahgunakannya untuk tujuan negatif seperti mengintai orang lain.

Dalam beberapa kasus, kamera pengintai tersembunyi ditemukan di lokasi individu pada tempat umum, seperti toilet umum atau kamar pas dalam mal atau toko pakaian.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak kamera pengintai tersembunyi menggunakan handphone baik Android atau iOS.

1. Melakukan panggilan handphone

Cara paling mudah dan cepat yang dapat dilakukan untuk melacak kamera pengintai tersembunyi menggunakan handphone dengan melakukan panggilan seluler.

Biasanya, kamera pengintai tersembunyi akan mengeluarkan frekuensi radio khusus. Saat ada panggilan seluler, frekuensi itu akan mengganggu sinyal panggilan seluler.

Jika Anda mendeteksi sinyal yang tidak stabil atau terganggu di posisi tertentu, Anda mulai bisa curiga barangkali ada kamera pengintai tersembunyi di titik itu.

Perlu diingat, cara ini perlu kejelian dan kurang tepat. Karena, dalam tempat tertentu bisa saja sinyal seluler memang susah diakses.

2. Memindai Wi-Fi

Ada aplikasi pemindai Wi-Fi yang dapat mendeteksi kamera pengintai tersembunyi. Salah satunya adalah Fing yang ada di Apple App Store atau Google Play Store.

Fing akan memindai semua perangkat yang menggunakan sebuah jaringan Wi-Fi. Karena, kamera pengintai biasanya terhubung dengan jaringan Wi-Fi untuk menayangkan gambar secara real time.

Saat memakai aplikasi ini, seharusnya matikan koneksi Wi-Fi di perangkat lain yang tidak digunakan agar kamera pengawas bisa dideteksi lebih mudah.

Sesudah memindai tempat, aplikasi Fing akan menampilkan beberapa perangkat yang terhubung dengan WiFi. Biasanya, perangkat berjenis camera akan mempunyai keterangan "IP Camera..." dan menampilkan nama manufakturnya, seperti Nest, Arlo, atau Wyze.

3. Gunakan aplikasi pendeteksi

Cara terakhir dengan menggunakan aplikasi pendeksi kamera pengintai tersembunyi. Ada banyak aplikasi yang kompatibel dengan iOS atau Android dan mudah diunduh di Google Play Store atau App Store.

Misalkan aplikasi Hidden Camera Detector, yang hendak memberi tanda dan bunyi alarm bila mendeteksi infra merah dari kamera pengintai. Selanjutnya ada aplikasi Glint Finder. Aplikasi ini menggunakan flash kamera handphone untuk mendeteksi objek berkilau seperti lensa kamera.

Pemakai selanjutnya akan diberi notifikasi bila ada resiko dirinya sedang diintai kamera tersembunyi. Ada juga apikasi lain sama seperti Wireless Camera Detector atau Detectify Hidden Device Detector.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network