Ingin Terlihat Awet Muda? Inilah 4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Supriyono
Cara Mengencangkan Kulit Wajah. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Cara mengencangkan kulit wajah bisa dilakukan dengan bantuan beberapa obat atau tindakan medis. Tetapi, ada pula beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan supaya kulit wajah tetap terlihat kuat dan awet muda.

Kekuatan kulit untuk memperbaiki diri semakin menurun seiring pertambahan usia. Ini karena produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, sehingga kulit wajah akan tampak semakin kendur disertai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar hidung, mulut, dan pipi.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami

Jika Anda mulai resah dengan kulit wajah yang tampak kendur, ada cara-cara mengencangkan kulit muka dengan alami yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Menggunakan masker wajah

Untuk mengencangkan kulit wajah dan mengurangi garis kerutan, Anda bisa memakai masker wajah berbahan alami, seperti alpukat, madu, dan cokelat bubuk.

Anda cukup mencampurkan 2 buah alpukat, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan cokelat bubuk. Seterusnya, oleskan masker itu ke wajah sampai merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Anda bisa juga menggunakan masker yang terbuat dari yoghurt untuk melembapkan kulit wajah.

2. Melakukan pijat wajah secara teratur

Cara mengencangkan kulit wajah yang lain adalah dengan memijat wajah secara rutin atau melakukan senam wajah, yakni kombinasi di antara gerakan wajah dan pijatan wajah. Perawatan ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan leher.

Anda bisa memijat wajah dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas buat mencegah munculnya keriput dan garis lembut. Lakukan pijat wajah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda dapat memijat wajah dengan jade roller atau mencoba pijat akupresur di wajah untuk meredakan ketegangan dan merelaksasi otot wajah. Walaupun cara ini belum terbukti secara ilmiah bisa mengencangkan kulit, pijatan pada wajah setidaknya bisa memberikan rasa nyaman dan rileks.

3. Mencukupi kebutuhan gizi

Tidak hanya dipengaruhi oleh faktor di luar tubuh, cara mengencangkan kulit wajah dapat dilakukan dari pada tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit wajah, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, dan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6.

Makanan dengan kandungan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid bagus untuk kesehatan kulit, misalnya brokoli, bayam, apel, dan buah beri. Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan badan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Hal yang juga tidak kalah penting untuk mengencangkan kulit wajah dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya:

  • Olahraga secara teratur
  • Menghentikan kebiasaan merokok yang bisa mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung
  • Menggunakan tabir surya, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan
  • Membersihkan make up sebelum tidur.

Meski demikian, perlu diperhatikan juga jika setiap orang bisa saja mendapat hasil yang berbeda karena perbedaan struktur jaringan pada wajah, termasuk tulang dan otot. Disamping itu, hasilnya juga tidak bisa diperoleh secara instan sehingga Anda perlu sabar dan konsisten dalam menerapkannya.

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami mudah dilakukan. Walau begitu, Anda tetap disarankan untuk berhati-hati saat memakai bahan alami, terutama jika mempunyai alergi. Begitupun hal saat menerapkan diet atau olahraga tertentu.

Jika Anda memilih untuk menggunakan tindakan medis sebagai cara mengencangkan kulit wajah, tanyakan dengan dokter untuk mengetahui tindakan atau perawatan yang sesuai kebutuhan dan kondisi kulit wajah Anda.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network