Inilah 3 Resiko Konsumsi Coklat yang Berlebihan untuk Kesehatan

Supriyono
Ilustrasi bahaya konsumsi coklat berlebihan (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tahukah kamu tentang bahaya konsumsi coklat berlebihan bagi kesehatan? Ternyata coklat juga punya resiko untuk kesehatan loh apabila dikonsumsi berlebihan.

Siapakah yang tidak suka cokelat. Anda kemungkinan tidak menolak bila dikasih snack ini. Dengan rasanya yang manis dan lezat, tidaklah aneh bila cokelat digilai banyak orang.

Tetapi, walau cokelat memiliki rasa yang lezat dan juga bermanfaat, tidak disarankan untuk konsumsi cokelat terlalu berlebih.

Kemungkinan Anda pun kerap dengar teguran orang tua supaya sedikit makan cokelat maupun makanan manis yang lain. Alasannya karena gula yang berada di dalam makanan itu dapat merusak gigi.

Terlepas dari argumen itu, Anda kemungkinan harus dengarkan nasihat orangtua yang ini.

Pasalnya, dampak konsumsi cokelat terlalu berlebih bukan hanya punya pengaruh pada gigi. Bahaya makan cokelat terlalu berlebih dapat punya pengaruh pada kolesterol sampai berat badan yang meningkat.

Cokelat memang makanan yang nikmat, dan salah satunya manfaatnya dapat membuat mood kita jadi lebih baik. Tetapi, Anda harus juga batasi mengonsumsi makanan manis ini untuk mencegah munculnya masalah kesehatan.

Tingkatkan Kandungan Kolesterol

Bahaya makan coklat terlalu berlebih yang paling akhir ialah bisa tingkatkan kolesterol. Tiap 1,55 ons coklat memiliki kandungan 8,14 gr lemak jenuh, semacam lemak yang bisa tingkatkan resiko penyakit jantung.

Lemak jemu bisa tingkatkan kadar kolesterol LDL jahat.

Untuk kurangi resiko penyakit jantung, American Heart Association merekomendasikan batasan konsumsi harian lemak jenuh sekitar 16 gr atau mungkin kurang. Coklat menyediakan 1/2 dari jumlah ini setiap 1,55 ons porsi.

Porsi coklat hitam yang serupa memiliki kandungan 10,8 gr lemak jenuh, tapi hasil penelitian lain menjelaskan jika lemak dalam coklat hitam berasal dari mentega kakao dan tidak tingkatkan kandungan kolesterol, tidak seperti lemak dalam coklat susu yang terutama sebagai lemak susu.

Penambahan Berat Badan

Bahaya makan cokelat terlalu berlebih selanjutnya ialah mengakibatkan obesitas. Sebuah makalah yang terbit pada Maret 2015 di Obesity melihat korelasi di antara konsumsi permen coklat dan pertambahan berat badan.

Peneliti mensurvei wanita saat menopause selama 3 tahun. Hasil riset menunjukkan jika wanita yang memiliki konsumsi cokelat lebih tinggi condong alami peningkatan berat badan.

Kandungan Gula Tinggi

Bahaya makan cokelat terlalu berlebih yakni kandungan gulanya yang tinggi. Coklat mempunyai rasa yang kaya tidak hanya karena lemak yang dikandungnya, tapi juga dari kandungan gulanya yang tinggi.

Tiap porsi 1,55 ons, atau sekitar satu batang, memiliki kandungan 22,66 gr gula. Walau gula bisa memberi energi, tetapi gula mempunyai beberapa kekurangan nutrisi.

Gula bisa tingkatkan kerusakan gigi, dan diet tinggi gula bisa tingkatkan resiko penyakit jantung.

Coklat hitam memiliki kandungan banyak gula, tapi semakin sedikit dari cokelat susu. Satu porsi 1,55 ons coklat hitam, 70 % menghasilkan 10,54 gr gula, yakni kurang dari 1/2 atas sesuatu yang dikandung dalam coklat susu.

Nah, itulah 3 bahaya konsumsi coklat berlebihan. Semoga bermanfaat.

Editor : Bayu Pratama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network