11 Cara Mengendalikan Emosi yang Berlebihan, Agar Lebih Tenang!

bayu pratama
Cara Mengendalikan Emosi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Emosi yang berlebihan bisa memengaruhi tindakan selanjutnya. Kamu harus tahu bagaimana cara mengontrol emosi diri agar tidak membuat problem semakin rumit. Oleh karena itu, ikuti cara mengendalikan emosi yang berlebihan agar hati dan pikiran jadi tenang

Emosi yang dirasa terlalu berlebihan akan membuat hari-hari kamu tidak bersemangat. Hubungan kamu dengan dengan orang lain di sekitar menjadi tidak baik.

11 Cara Mengendalikan Emosi yang Berlebihan

Hal ini yang membuat kamu harus menahan emosi supaya tidak meledak dan mengakibatkan kerugian kedepannya. Bagaimana cara mengendalikan emosi? Berikut penjelasannya:

1. Menenangkan Diri

Jika emosi terjadi, kamu harus mencoba untuk berpikir tenang agar berpikir secara logis dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada.

Kamu bisa menarik napas dalam-dalam, dan menghitung mundur perlahan untuk menurunkan emosi. Cobalah untuk mengalihkan pikiran agar membuat kamu lebih rileks.

2. Buang Berpikiran Buruk

Saat kamu sedang dilanda masalah yang rumit, otak akan cenderung lebih fokus memikirkan jalan keluar terbaik. Berusaha untuk berhenti memikirkannya agar tidak memunculkan reaksi negatif. Memang susah tidak untuk memikirkannya, tetapi dengan mencoba untuk melupakannya sesaat bisa membuat kamu lebih rileks.

3. Mencoba untuk Mengalah

Cara mengendalikan emosi pada pasangan bisa dengan cara mengalah. Emosi yang terjadi bisa disebabkan karena karena ego dari kedua belah pihak.

Sebagai seorang lelaki, kamu bisa juga mengendalikan emosi wanita dengan coba untuk lebih mengalah. Mengalah bisa membuat kamu mencari jalan keluar permasalahan yang terjadi.

4. Mencoba Diam

Mencoba untuk diam sebagai salah satu cara mengendalikan emosi diri. Saat marah kamu akan mengeluarkan kata-kata yang lepas dari kontrol. Bahkan perkataan-perkataan itu bisa memperparah keadaan karena emosi menjadi lebih meledak. Akan lebih baik bila kamu diam dan memberikan waktu sesaat untuk mengatasi emosi pada diri sendiri.

5. Berusaha Memberikan Emosi Positif

Mencari permasalahan yang terjadi saat ini sebagai salah satu cara mengendalikan emosi. Kamu dapat mengambil hal positif dari permasalahan ini untuk menghalau emosi buruk yang akan ada. Anggap saja apa yang terjadi adalah sebuah pembelajaran yang bisa meningkatkan dirimu menjadi lebih baik lagi.

6. Introspeksi Diri

Setiap permasalahan haruslah melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk meninjau kembali permasalahan yang sudah kamu alami. Jangan takut untuk mengakui kesalahan bila memang kamu menyadari kesalahan itu terjadi karenamu.

7. Cobalah untuk Berlapang Dada


Ilustrasi Emosi yang Berlebihan. (okezone.com)

Berlapang dada dapat menjadi cara mengendalikan emosi yang harus kamu lalukan. Seberat atau sesulit apapun masalah, kamu harus dapat bangkit untuk membuktikan jika kamu baik saja. Kamu harus berlapang dada bawah dengan masalah ini ada hal yang mungkin akan berubah ke depannya.

8. Cobalah untuk Tersenyum

Tersenyum bisa membantu untuk memengaruhi emosi yang meningkat. Tersenyum di saat emosi memang berasa janggal, tetapi otak akan merespon dan menyesuaikan emosi. Ini bisa kamu lakukan untuk cara mengendalikan emosi pada anak agar tidak ada tindakan yang berlebih.

9. Berolahraga

Berolahraga sebagai salah satu cara yang mengasyikkan untuk menahan emosi. Kamu bisa membuat badan kamu lebih sehat dan membuat kamu lebih rileks. Olahraga bisa membuat saraf yang tadinya tegang menjadi lentur.

10. Ceritakan Masalah Pada Orang Terpercaya

Cara untuk menahan emosi dapat kamu lakukan dengan menceritakan masalah ke orang terdekatmu. Walau tidak mendapatkan penyelesaiannya, setidaknya beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan.

Bahkan bila diperlukan, kamu bisa juga menggunakan jasa psikiater untuk membantu memberikan solusi atau pun terapi dari segi yang lebih profesional.

11. Membaca

Membaca menjadi solusi untuk menahan emosi yang meluap-luap. Mengalihkan pikiran amat membantu untuk meredakan emosi. Bacalah buku mengenai komedi, kisah lucu, atau motivasi yang membuat pikiran lebih tenang.

Itulah 11 cara mengendalikan emosi berlebihan yang dapat kamu coba. Emosi yang berlebihan tidak baik untuk diri dan orang di sekitarmu. Kamu perlu mengendalikan emosi untuk mencegah kondisi menjadi lebih buruk.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network