Kenali Self Doubt dan Cara Menanganinya, Jangan Sampai Dibiarkan

bayu pratama
Ilustrasi self doubt dan cara menanganinya (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tahukah kamu dengan istilah self doubt? Ternyata istilah ini jika dibiarkan, akan mengurangi produktivitas dari dalam diri seseorang, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Tiap manusia tentu pernah rasakan keraguan pada diri sendiri.

Dalam istilah psikologi, perasaan ragu ini disebut self doubt. Walaupun sebagai hal yang lumrah, kebimbangan pada diri kita yang terjadi pada keadaan tertentu dapat turunkan tingkat keyakinan diri seseorang.

Kehilangan keyakinan dalam diri memang sering terjadi, namun jika tidak diatasi bisa menghambat produktivitas atau kinerja dari dalam diri seseorang. Sehingga akan berdampak buruk untuk masa depan seseorang.

Pengertian Self Doubt

Self doubt ialah keadaan di mana munculnya keraguan dari diri sendiri. Keraguan ini dapat dikarenakan oleh inner voice negatif dan perasaan tidak cukup baik.Dan tiap manusia memang mempunyai inner voice dalam dirinya.

Tetapi seringkali banyak yang memiliki sifat negatif. Inner voice negatif atau beberapa suara dari dalam diri aslinya bisa dari kritikan yang membangkitkan daya ingat mengenai ketidakberhasilan, kesedihan, dan kekecewaan di masa lalu.

Cara Menangani Self Doubt

 

1. Istirahat Sesaat

Merasa kerepotan dengan suatu hal yang tidak jalan sebagaimana mestinya?

Ambil napas panjang dan ambil istirahat sesaat. Kamu bisa juga berpindah pada aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan kebiasaan rutin kamu sebelumnya. Ini dapat menolong kamu untuk tidak munculkan pemikiran negatif atas tugas yang tidak cocok.

2. Menenangkan Diri

Apa kamu sedang dipengaruhi oleh pemikiran negatif yang dari masa lalu? Jika demikian, kamu perlu konsentrasi lakukan meditasi atau self healing untuk hilangkan perasaan itu.

Self healing ialah proses penyembuhan luka batin yang disebabkan oleh beberapa hal.

Kamu dapat pergi sebentar ke tempat rekreasi alam untuk lakukan self healing dan memperoleh ketenangan dalam diri kamu.

Tetapi, bila kamu lebih suka di dalam rumah, coba aktivitas yang dapat membantu kamu mengenal kembali isi hati dan pemikiran kamu, seperti menulis jurnal, meditasi, yoga, dan lain-lain.

3. Bicara dengan Orang yang Dapat Dipercayai

Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan orang lain di dalam kehidupannya. Apa lagi saat alami masa-masa susah, seperti self doubt ini. Maka dari itu, tidak ada kelirunya kamu minta support seseorang.

Baik itu dari teman, keluarga, atau psikolog. Dengan begitu, kamu dapat mempunyai perspektif lain yang hendak membawa perubahaan besar.

4. Menyeimbangkan Sisi Negatif

Bila merasakan banyak suara negatif dalam pikiran kamu, belajarlah untuk mengubah pikiran itu. Caranya, kamu dapat memberi kalimat pujian atau menghargai diri sendiri.

Kamu bisa juga tuliskan banyak hal positif dalam sebuah buku. Jadi, saat inner voice negatif datang dan kamu kesusahan berikan motivasi diri sendiri, kamu dapat membacanya dengan keras.

Editor : Bayu Pratama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network