get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

Ingin Hasil Foto Kamu Keren? Ikuti Cara Memotret Ini Cuma Modal HP Android

Jum'at, 15 Juli 2022 | 11:55 WIB
header img
Ilustrasi foto cara Memotret dengan kamera HP (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Sekarang ini ponsel Android benar-benar memberikan dukungan kamu menjadi fotografer. Smartphone ini dibuat dengan resolusi kamera yang paling oke.

Bila kamu memahami langkah foto yang baik cukup dengan ponsel Android, hasilnya dapat sama dengan beberapa foto yang dibuat oleh fotografer professional.

Lalu, bagaimanakah cara supaya kamu dapat memperoleh foto yang baik dan berkualitas cukup dengan handphone? Berikut cara-cara memfoto yang bagus yang penting kamu ketahui.

Pakai Bantuan Sinar dari Belakang atau Samping

Salah satunya tehnik fotografi android yang paling simpel ialah mempertimbangkan arah sinar saat sebelum memfoto. Sinar lampu atau matahari benar-benar menolong supaya objek kelihatan lebih tajam, jelas, dan menonjol.

Akan lebih baik kembali bila sinar itu datang dari belakang objek yang hendak dipotret.

Disamping membuat foto terlihat lebih jelas, pantulan sinar menambahkan keelokan foto . Maka, kamu harus peka pada sinar yang ada di sekitar objek.

Cari Fokus dengan Mendekati Objek

Salah satunya keterbatasan memfoto memakai Android ialah resolusi. Saat kamu memakai fitur zoom yang ada di kamera, karena itu resolusi akan condong turun.

Hasilnya, foto akan terlihat lebih kabur dan tidak cerah.

Nah, bagaimanakah caranya cari fokus untuk memperoleh hasil foto yang cantik? Pakai langkah manual yakni dengan dekatkan HP atau monitor kamera HP ke objek.

Dengan manual ini, resolusi camera tidak menyusut hingga hasil photo juga lebih optimal.

Stabilkan Tangan Kamu

Langkah memfoto yang baik dengan kamera HP Android sebetulnya tidak sulit. Selain pilih HP dengan fitur kamera yang oke, kamu harus juga menstabilkan tangan kamu saat memfoto.

Bila tanganmu bergetar atau goyang, karena itu hasil fotonya akan condong blur atau mungkin tidak terang. Akan lebih bagus lagi bila kamu memakai tripod camera HP.

Tripod kamera HP akan jaga konsistensi HP hingga kamu dapat memfoto objek dengan optimal tanpa getaran atau goyangan sedikit juga.

Mengatur Shutter Speed Kamera Android Kamu

Langkah setelah itu ialah dengan atur Shutter speed. Ini benar-benar bermanfaat buat kamu yang ingin memfoto berdasar sinar yang diserap oleh kamera.

Langkah atur shutter speed pada kamera Android juga tidak begitu susah. Kamu dapat memakai kontribusi program kamera yang telah banyak ada di Google Play Store.

Ambil program kamera itu lalu mencari fitur atau tool "Shutter" pada program itu.

Selanjutnya, kamu harus pilih kecepatan kamera misalkan 2 detik, 1 detik, atau 5 detik. Makin lama kecepatan shutter speed karena itu kamera akan menyerap banyak sinar.

Dan makin cepat shutter speed karena itu camera akan menyerap sedikit sinar. Apabila sudah, foto objek seperti umumnya dan kamera HP kamu akan mempunyai kecepatan shutter sesuai apa yang telah kamu mengatur awalnya.

Atur Fitur ISO

ISO ialah sebuah fitur dalam kamera HP Android yang berperan untuk atur tingkat sensitivitas lensa kamera pada sinar. Makin tinggi ISO karena itu makin tinggi tingkat sensitivitas lensa pada sinar dan kebalikannya.

Penataan ISO tergantung dengan sinar disekitaran objek. Bila sinar di sekitar objek cukup, karena itu kamu dapat atur ISO ketingkat yang rendah. Dengan langkah ini, kamu dapat kurangi noise pada photo.

Kebalikannya, bila objek ada pada tempat yang kurang sinar, karena itu mengatur ISO ketingkat yang semakin tinggi. Perannya ialah supaya objek foto kelihatan secara jelas.

Kekurangannya ialah kamu akan melihat banyak noise di hasil foto karena makin tinggi ISO akan makin tingkatkan kontras.

Matikan atau Hidupkan HDR pada Saat yang Pas

Kamu tentu kenal dengan HDR karena terpampang jelas saat buka kamera. Sebetulnya, kapan saat yang pas untuk aktifkan atau menonaktifkan HDR pada kamera HP Android?

HDR atau High Dynamic Range dipakai untuk atur tingkat penerangan lebih aktif. Saat kamu aktifkan fitur HDR karena itu kamera akan otomatis tingkatkan penerangan sesuai keperluan dan keadaan disekitaran objek.

Umumnya, saat HDR diaktifkan karena itu foto yang dibuat akan terlihat lebih jelas atau cerah. Bila kamu belum terlalu mengusai dalam tentukan pojok penerangan, karena itu fitur HDR akan menolong.

Langkah Foto yang baik dengan pahami komposisi

Dengan pahami komposisi karena itu foto kamu akan terlihat lebih artistik. Ada banyak komposisi yang dapat kamu terapkan saat memfoto.

Misalkan, kamu dapat memfoto dengan konsentrasi wujud, warna, atau garis yang unik disekitaran objek supaya hasilnya terlihat semakin kuat dan mengundang perhatian.

Kebalikannya, kamu bisa juga tampilkan formasi yang simpel. Untuk objek tertentu formasi seperti ini malah membuat hasilnya terlihat makin menarik dan artistik. Turunkan beberapa komponen yang kiranya mengusik keindahan foto.

Kamu dapat hilangkan, tutupi, atau mengubah pojok pengambilan foto supaya komponen yang tak perlu itu tidak turut dalam foto.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut