get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

Mengenang Moda Transportasi di Indonesia yang Kini Mulai Punah!

Selasa, 19 Juli 2022 | 11:18 WIB
header img
moda transportasi jadul di Indonesia (ist)

BATU, inews.id - Saat ini transportasi ialah pembuluh darah untuk suatu bangsa. Si dia jadi sisi penting dari perkembangan satu negara.

Pikirkan, bila tidak ada yang bernama transportasi, perjalanan orang dari 1 kota ke kota lain, perpindahan warga, pengangkutan barang sampai pemercepatan pembangunan akan menjumpai masalah yang merepotkan.

Bahkan juga di sejumlah bidang, tidak ada transportasi bisa benar-benar berpengaruh pada tidak bertumbuhnya satu daerah dalam sebuah negara.

Semua perlu moda transportasi. Semua paham itu. Baik di darat, laut sampai dengan udara. Moda transportasi sekarang ini telah berbagai macam.

Didarat kita mengetahui mobil, motor, sepeda bahkan juga untuk moda transportasi biasanya kita mengenali bis sampai kereta.

Dilaut kita pasti mengenali kapal dan perahu. Tidak hanya darat dan Laut, Udara punyai moda transportasinya sendiri berbentuk Pesawat, helikopter sampai balon terbang.

Tetapi, perubahan jaman membuat manusia terus bereksperimen. Menyuguhkan hal yang baru untuk terbentuknya hidup yang ringkas. Nah, hal tersebut yang membuat transportasi alami peralihan dari tahun ke tahun.

Membuat selalu punyai hal baru dan membuat tehnologi yang lama jadi tidak lagi kepakai. Kami punyai sedikit ringkasan mengenai beberapa transportasi yang pernah hits dijamannya tetapi sekarang telah sangat jarang atau bahkan juga punah.

Transportasi-transportasi yang kami kumpulkan ini kami kerucutkan hanya transportasi yang sempat datang di Indonesia. Dan berikut penjelasannya:

1. Becak

Becak, nama transportasi ini benar-benar dikenali dibanyak tempat di Indonesia. Bahkan juga menjadi satu diantara transportasi yang punyai peranan penting di sejumlah wilayah.

Kendaraan roda tiga ini saat ini telah jarang-jarang kelihatan di beberapa kota besar jenis Jakarta atau Bandung. Karena funginya mulai terpindahkan dengan moda transportasi yang lain bisa lebih cepat dan efektif.

Walau demikian saat kita dahulu asyik naiki becak, beberapa negara malah mencela kehadiran transportasi ini, bahkan ada yang menyebutkan becak sebagai kendaraan sekurang-kurangnya manusiawi di dunia.

Akhirnya sekarang kita susah menemui kendaraan yang sanggup bawa dua sampai 3 orang sekalian itu. Walaupun begitu, kota-kota malah membuat becak sebagai daya magnet terendiri. Seperti Solo dan Yogyakarta.

Beberapa kota itu membuat orang ingin bertandang dan nikmati situasi kota dengan memakai becak. Bahkan juga tahun 2011 lalu, saat Indonesia jadi tuan-rumah Sea Game. Becak diputuskan sebagai kendaran yang mengantar olahragawan dari 1 venue ke venue lain.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut