get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Bisnis Transportasi dan Logistik, Berikut Cara Memulainya

Kamis, 15 September 2022 | 20:33 WIB
header img
Bisnis Transportasi dan Logistik. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sektor transportasi dan logistik dapat disebut menjadi salah satu sumber usaha yang dapat kamu lakukan. Tetapi, tantangannya cukup berat ingat usaha ini mengharuskan siapa saja yang akan memulainya untuk memiliki modal cukup besar.

Selain modal yang besar, hal yang lain yang dibutuhkan dalam usaha transportasi dan logistik ialah kredibilitas. Kredibilitas menjadi hal penting bila kamu ingin terjun ke bisnis itu. Hal tersebut agar konsumen dapat percaya jika kamu tidak mengecewakan mereka.

Walau tantangannya berat, bukan berarti kamu tidak dapat membuat usaha transportasi dan logistik sendiri. Berikut beberapa cara memulai usaha transportasi dan logistik berbagai sumber.

1. Tentukan jenis usaha yang kamu inginkan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai usaha transportasi dan logistik dengan menentukan jenis bisnis yang kamu inginkan. Kamu perlu tentukan apa nantinya bisnismu sebagai kepemilikan perseorangan, perseroan terbatas (PT), atau bahkan perusahaan.

Masing-masing dari opsi itu mempunyai plus minus sehingga kamu diharap dapat memilihnya dengan bijak. Ada baiknya kamu melakukan penelitian terlebih dahulu untuk menentukan jenis usaha logistik dan transportasi apa yang akan kamu buat nanti.

Penentuan jenis usaha ini nanti akan berpengaruh pada perolehan nomor pajak. Nomor pajak dibutuhkan jika bisnismu itu memiliki rasio yang besar.

Nomor pajak membuat kamu dapat mendaftarkan bisnismu itu dan nantinya nomor itu akan digunakan untuk atur status pajakmu dengan pemerintah.

2. Tulis rencana bisnis

Cara kedua dalam memulai bisnis transportasi dan logistik dengan mulai menulis rencana bisnismu. Dalam rencana itu kamu dapat menuliskan nama perusahaan, jenis bisnis, dan di mana bisnismu akan berada.

Rencana bisnis ini termasuk juga dengan menetapkan target atau sasaran, layanan yang akan kamu berikan, keuangan, keterangan tentang pengeluaran, biaya tenaga kerja, pemeliharaan dan target laba dan taktik pemasaran yang akan kamu jalankan.

Salah satu elemen paling penting dalam pembuatan rencana bisnis ialah pendanaan. Tidak bisa dipungkiri jika keuangan memegang peranan penting saat kamu akan memulai sebuah usaha, tidak kecuali untuk sektor transportasi dan logistik.

Bila kamu membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis karena itu kamu dituntut menghadirkan rencana usaha yang solid agar investor percaya dan ingin meminjamkan uang untuk memulai usaha.

Pada umumnya, rencana bisnis ini sebagai garis besar dari apa yang ingin kamu lakukan dan bagaimana kamu akan melakukannya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut