get app
inews
Aa Read Next : 5 Kebiasaan Orang Papua yang Unik Jarang Diketahui Orang

Tidak Hanya Indonesia, Negara ini Juga Pakai Bahasa Jawa sebagai Bahasa Daerah

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:55 WIB
header img
ilustrasi orang jawa (phinnemo)

BATU, iNews.id - Salah satu yang menjadi ujung tombak dari berhasilnya sebuah komunikasi adalah ketika satu sama lain antara komunikator dan komunikan memiliki satu kesepahaman dalam berbahasa.

Ya, bahasa itu adalah media agar apa yang disampaikan oleh seseorang dapat dicerna dan dimengerti oleh orang lain. Karena itulah menguasai suatu bahasa adalah keharusan agar dapat berteman bahkan juga bersilaturahmi dengan orang dari daerah lain.

Nah, Indonesia sendiri dikenal sebagai negara multi bahasa. Sebuah negara yang punya banyak sekali bahasa daerah yang masing-masing punya keunikannya tersendiri. Bahasa-bahasa itu kemudian dipersatukan oleh bahasa Indonesia sebagai jalan tengah komunikasi antara daerah satu dan daerah yang lainnya.

Tapi, tetap saja menguasai sebuah bahasa daerah adalah keperluan yang harus senantiasa dilestarikan oleh setiap manusia Indonesia. Menjaga bahasa-bahasa itu tetap ada dan terus digunakan di puluhan tahun kedepan adalah tanggung jawab bersama.

Jadi, ketika suatu saat ada sebuah negara yang mengklaim bahasa daerah kita. Tentu, kita semua dapat membuktikannya dengan kemampuan serta kefasihan kita berbahasa daerah.

Tapi, pertanyaanya memang ada negara lain yang menggunakan bahasa daerah yang sama dengan bahasa daerah di Indonesia? Jawabanya tentu ada. Ada beberapa negara di dunia yang ternyata menggunakan bahasa salah satu daerah asli Indonesia.

Betul, bahasa Jawa. Bahasa yang satu ini juga ternyata digunakan oleh beberapa negara lain dalam kesehariannya. Ga percaya? Kita sudah rangkumkan 5 negara yang menggunakan bahasa Jawa. Simak ulasannya berikut ini:

1. Malaysia

Negara beribukotakan Kuala Lumpur ini juga ternyata memiliki sebuah daerah yang disana para penduduknya menggunakan bahasa Jawa. Mengapa bisa demikian?

Sebab dulu sekitar tahun 1900 banyak orang Indonesia yang pindah ataupun bermigrasi ke Malaysia. Alasannya karena tekanan ekonomi yang hebat. Disana kemudian mereka berkembang dan menjadi bagian dari negara Malaysia.

Saat ini barangkali sudah memasuki generasi ke 4 semenjak leluhur mereka tiba di Malaysia, akan tetapi mereka tetap menggunakan bahasa Jawa dikesehariannya meskipun tak dilontarkan dengan fasih.

Beberapa juga bahkan masih menjalankan tradisi adat Jawa di negeri jiran tersebut. Kebanyakan suku Jawa di Malaysia ini tinggal di Negeri Selangor tepatnya di Tanjung Karang.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut