get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Serih Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Rempah-Rempah dan Tanaman Herbal untuk Kesehatan Otak

Minggu, 24 Juli 2022 | 10:17 WIB
header img
Lima bumbu dapur dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. (Doto: Dok iNews.id)

BATU, iNews.id - Penggunaan rempah-rempah dan tanaman herbal sebagai bahan obat-obatan tradisional telah menjadi hal umum sepanjang sejarah. Tetapi tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis rempah-rempah dan tanaman herbal yang dapat berdampak positif pada kesehatan otak?

Kebanyakan orang, peran rempah-rempah dan tanaman herbal sebagian besar adalah untuk membumbui makanan dan meningkatkan cita rasanya. Tetapi ternyata, rempah-rempah dan tanaman herbal memiliki kekuatan dan manfaat yang lebih dari itu, mulai dari mendukung fungsi seksual yang sehat hingga mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Beberapa rempah-rempah dan tanaman herbal ini telah dipelajari untuk efeknya pada penyakit Alzheimer, sementara yang lain telah diuji untuk efek keseluruhan pada kognisi (yaitu tindakan mental atau proses yang terlibat dalam berpikir, memahami, belajar, dan mengingat).

Berikut adalah 7 jenis rempah-rempah dan tanaman herbal yang diketahui dapat membantu mendukung kesehatan otak.

1. Kunyit

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal pertama yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kunyit. Kunyit adalah bumbu yang sudah lama digunakan dalam Ayurveda, sebuah pengobatan tradisional tertua dari India.

Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi (dua faktor yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan otak dan kesehatan secara keseluruhan).

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit Alzheimer dengan membersihkan otak beta-amiloid (fragmen protein). Penumpukan beta-amiloid diketahui membentuk plak otak terkait Alzheimer.

Selain itu, kunyit dapat melindungi kesehatan otak dengan menghambat pemecahan sel-sel saraf di otak.

Kunyit adalah bahan utama dalam bubuk kari, yang biasanya juga termasuk rempah-rempah seperti ketumbar dan jintan. Untuk menambah asupan kunyit, coba tambahkan bubuk kari atau kunyit ke dalam tumis, sup, dan hidangan sayur.

Sertakan beberapa jumput lada hitam untuk meningkatkan penyerapan kunyit.

2. Ginkgo Biloba

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal kedua yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah ginkgo biloba. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai bahan pengobatan untuk demensia.

Ginkgo biloba adalah obat yang biasa dikonsumsi dalam pengobatan Cina tradisional (TCM) dan terkenal dengan manfaatnya. Diperkirakan bahwa ginkgo biloba dapat membantu meningkatkan sebagian fungsi kognitif dengan merangsang sirkulasi dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Meskipun penelitian tentang ginkgo biloba telah menghasilkan hasil yang beragam, ada beberapa bukti bahwa ramuan ini dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dengan penyakit Alzheimer atau gangguan kognitif ringan.

Selain itu, sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease pada 2015 menunjukkan bahwa ekstrak ginkgo biloba yang disebut EGb761 mungkin dapat sangat membantu dalam memperlambat penurunan kognisi di antara pasien yang mengalami gejala neuropsikiatri selain gangguan kognitif dan demensia.

Fitur inti dari penyakit Alzheimer dan demensia, gejala neuropsikiatri termasuk depresi dan gangguan non-kognitif lainnya.

3. Sage

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal ketiga yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah sage. Sage adalah bumbu yang dikenal karena aromanya yang menyengat. Ternyata, sage jga diketahui dapat membantu meningkatkan kognisi dalam pengobatan penyakit Alzheimer.

Bahkan, sebuah ulasan penelitian yang diterbitkan pada 2017, menunjukkan sage mengandung senyawa yang mungkin bermanfaat untuk fungsi kognitif dan neurologis. Anda dapat mencoba menambahkan sage ke masakan Anda seperti ayam panggang, kalkun, saus tomat, atau dalam sup. Sage juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh.

4. Ginseng

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal keempat yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah ginseng. Ginseng adalah salah satu tanaman paling populer dalam dunia pengobatan herbal.

Ginseng diketahui mengandung bahan kimia anti-inflamasi yang disebut ginsenosides. Menurut ulasan yang diterbitkan pada 2018, para ilmuwan telah mengamati bahwa ginsenosides dapat membantu mengurangi tingkat beta-amiloid otak dalam studi laboratorium pendahuluan.

5. Lemon Balm

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal kelima yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah lemon balm. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lemon balm dapat membantu menghilangkan kecemasan atau stres dan meningkatkan fungsi kognitif.

Lemon balm mengandung asam rosmarinic, suatu senyawa yang juga dikenal untuk meningkatkan kualitas tidur bagi mereka yang menderita insomnia.

Sebuah studi terpisah yang diterbitkan dalam The Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menemukan bahwa program pengobatan empat bulan menggunakan lemon balm membantu meningkatkan kesehatan otak pada pasien dengan penyakit Alzheimer ringan hingga sedang.

Anda bisa minum lemon balm sebagai teh, membelinya sebagai suplemen atau mengintegrasikannya ke dalam masakan Anda. Konsumsi lemon balm juga baik untuk kolesterol, gangguan pencernaan, luka dingin, dan masalah kesehatan lain.

6. Kayu Manis

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal keenam yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kayu manis. Kayu manis adalah bumbu yang biasa digunakan dalam kuliner Indonesia. Kayu manis enak digunakan untuk campuran kopi atau makanan penutup.

Kayu manis diketahui mengandung antioksidan kuat yang membantu Anda melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kewaspadaan.

Menurut sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience, ekstrak yang terbuat dari kayu manis membantu mencegah kerusakan kognitif dan kerusakan otak yang terkait dengan stres oksidatif pada tikus percobaan.

7. Lada Hitam

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal ketujuh yang dapat meningkatan kesehatan otak adalah lada hitam. Lada hitam merupakan salah satu bumbu yang paling umum dibeli dan dikonsumsi di dunia.

Lada hitam tidak hanya membantu meningkatkan penyerapan beberapa suplemen yang disebutkan sebelumnya. Seperti kunyit, lada hitam juga memiliki efek positif bagi kesehatan otak manusia. 

telah diketahui bahwa piperin alkaloid, komponen utama dalam lada hitam dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi gejala depresi.
 

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut