get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Ketahui 5 Manfaat Daun Beluntas bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 13:25 WIB
header img
Manfaat Daun Beluntas. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Di beberapa Negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, manfaat daun beluntas telah dikenal luas sebagai tanaman herbal yang berkhasiat. Daun dengan nama latin Pluchea indica (L.) Less ini berbentuk daun yang bergerigi dan memiliki manfaat tinggi.

Bahkan, beberapa meyakini jika manfaat daun beluntas ini tidak perlu diragukan kembali. Inilah berbagai manfaat dari daun beluntas untuk kesehatan:

Manfaat Daun Beluntas dan Kandungan Nutrisinya

Manfaat yang kita dapatkan dari daun beluntas, tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Berbagai kandungan itu adalah serat, kalsium, beta karoten, dan berbagai jenis antioksidan seperti asam klorogenat, asam kafeat, quercetin, dan flavonoid.

Selain itu, daun beluntas juga dikenal bersifat antiradang, antibakteri, antikanker, dan pereda nyeri alami karena ada kandungan bioaktif di dalamnya. Dilansir dari laman kesehatan Healthline, berikut berbagai manfaat dari daun beluntas:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat daun beluntas yang cukup dikenal ialah mampu bantu mengontrol kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil, karena tanaman herbal yang ini mampu menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin. Meski ini harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

2. Mencegah Kerusakan Sel

Kandungan antioksidan yang ada pada daun beluntas mampu melindungi sel badan dari kerusakan karena paparan radikal bebas. Dengan mengurangi kerusakan sel-sel tubuh karena radikal bebas ini, risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, jantung dapat diminimalisir.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut