get app
inews
Aa Read Next : 8 Metode Jadi Agen Frozen Food buat Pemula yang Menguntungkan

Simak Budidaya Jamur Tiram Mudah dan Cepat Bagi Pemula, Ikuti Caranya!

Rabu, 27 Juli 2022 | 11:14 WIB
header img
ilustrasi budidaya jamur tiram. (inews.id)

Berikut cara budidaya jamur tiram dan perawatannya:

  • Sebelum membuat baglog, membuka lebih dulu cincin dan kertas penutup baglog. Selanjutnya biarkan lebih kurang 5 hari. Jika lantai dibuat dari tanah, kerjakan penyiraman untuk menambahkan kelembapan.
  • Setelah itu, potong ujung baglog untuk memberi ruang tumbuh lebih lebar. Biarkan selama tiga hari, dan tidak boleh didiram. Cukup siram di bagian lantai saja.
  • Kerjakan penyiraman dengan sprayer. Penyiraman seharusnya membuat kabut, bukan tetesan-tetesan air. Semakin sempurna pengabutan, maka semakin baik. Kamu dapat menyiramnya 2
  • 3x satu hari, bergantung suhu dan kelembapan kumbung. Kamu tetap perlu jaga suhu pada kisaran 16 - 24 derajat celsius.

5. Memanen Jamur Tiram

Jika baglog yang dipakai permukaannya sudah tertutup sempurna dengan miselium, umumnya dalam kurun waktu 1 - dua minggu semenjak pembukaan tutup baglog, jamur akan tumbuh dan bisa dipanen. Baglog jamur dapat dipanen 5 - 8 kali, jika perawatannya baik.

Baglog dengan berat sekitar 1 kg akan menghasilkan jamur sekitar 0,7 - 0,8 kg. Kemudian baglog dibuang atau dapat menjadi bahan kompos. Panen ini dilaksanakan pada jamur yang sudah mekar dan jadi membesar. Persisnya jika ujung-ujungnua sudah kelihatan meruncing. Tetapi tudungnya belum pecah, berwarna masih putih bersih.

Jika periode panen melalui 1/2 hari saja, karena itu warna menjadi cukup kuning kecoklatan dan tudungnya akan pecah. Jika sudah semacam ini, jamur akan cepat layu dan tidak kuat lama. Jarak panen pertama ke panen selanjutnya sekitar 2 - tiga minggu kembali.

Begitu cara budidya jamur tiram yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut