get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Ingin Belajar Investasi Saham Dengan Baik dan Benar? Ikuti Tips Berikut Ini

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 07:29 WIB
header img
Ilustrasi belajar investasi saham. (inews.id)

2. Periksa kondisi keuangan

Kemudian, cara belajar investasi saham untuk pemula setelah itu memeriksa keuangan kamu. Berapa pendapatan dan pengeluaran setiap bulan.

Apa seimbang, besar pengeluaran dibandingkan penghasilan, atau malah sebaliknya sehingga membuat keuangan surplus.

Jika ternyata besar pasak daripada tiang, artinya kamu tidak punya dana menganggur untuk investasi. Sementara investasi saham membutuhkan dana.

Investasi memerlukan komitmen dari kamu untuk disiplin menyisihkan uang setiap bulan. Besaran bagus dana investasi adalah 10 persen dari gaji /bulan.

Jika tetap ingin investasi saham, itu berarti kamu harus mencari penghasilan tambahan. Entahlah menjadi freelancer, jualan online, atau kerja sampingan lain.

Tetapi bila keuangan kamu selalu mengalami surplus, penghasilan lebih besar daripada pengeluaran, artinya aman untuk investasi. Akan ada alokasi dana khusus untuk investasi saham.

Pastikan investasi saham sesuai kemampuan keuangan kamu. Tidak perlu dipaksakan harus dimulai dengan nominal jutaan atau puluhan juta rupiah karena pompom saham dari pihak lain.

Investasi saham dengan uang yang sekiranya kamu mampu untuk kehilangan. Karena, investasi saham sebagai investasi beresiko tinggi.

3. Mencari info investasi saham dari berbagai sumber

Kamu harus membekali diri dengan pengetahuan atau wawasan investasi saham saat pertama kali terjun. Tanpa ilmu dan informasi yang cukup, kamu akan ikut-ikutan saat melakukan trading saham.

Ketidaktahuan, tidak paham harus mengambil langkah apa. Pada akhirnya semua serba pakai feeling. Sementara feeling sering salah.

Sumber info utama investor saham adalah situs sah Bursa Efek Indonesia (BEI). Dimulai dari emiten atau perusahaan terdaftar dan laporan keuangannya, pergerakan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), dan info yang lain.

Kamu dapat ikut kelas belajar saham yang diselenggarakan BEI, perusahaan sekuritas, atau komunitas trader atau investor saham. Informasi investasi saham bisa juga kamu dapatkan lewat membaca buku, ikut seminar atau pelatihan, media sosial, dan lain-lain.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut