get app
inews
Aa Read Next : 10 Cara Membuat Soft Cookies Agar Hasilnya Crispy Dari Luar dan Dalam

6 Makanan Nusantara dan Segelintir Cerita Unik Didalamnya!

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 14:35 WIB
header img
makanan nusantara (Foto: MIftahudin/doc. Sindonews)

BATU, iNews.id - Indonesia memang mempunyai bermacam makanan khas. Tidak dipungkiri, makanan Indonesia yang kerap kita konsumsi setiap hari rupanya mempunyai histori menarik yang semestinya diketahui lho!

Untuk kalian yang doyan dengan kuliner, pastinya sering kali pada saat berkunjung ke suatu tempat akan mendapati sebuah makanan dengan nama unik.

Tidak hanya sekedar unik, namun makanan tersebut juga memiliki rasa yang lezat dengan ciri khas menarik di setiap daerahnya.

Nah dikutip dari laman The Faisol Times, pada artikel di bawah kami akan membagikan info selengkapnya tentang beragam makanan nusantara dengan sejarah uniknya!

Sejarah Menarik dibalik Makanan Nusantara Indonesia yang Fenomenal di Masyarakat Luas

1. Nasi Kucing

Makanan nusantara pertama kali yang sangat akrab ialah nasi kucing. Masakan nusantara yang ini gampang diketemukan di sejauh jalan di wilayah kota Solo dan Yogyakarta.

Kedua kota itu sama mempunyai ciri-ciri khas nasi kucing yang seragam, yakni nasi sekepal dibuntel dengan daun pisang, berisi lauk sambal bandeng atau tumis tempe.

Porsinya yang kecil dan seperti jatah makanan kucing ialah alasan dibalik nama nasi kucing itu. Pas sekali untuk kamu yang suka nikmati street food, nasi kucing harus kamu coba karena umumnya dipasarkan dalam gerobak yang mangkal di beberapa tempat vital, seperti pada angkringan atau warung makan sederhana di Yogyakarta lho!

Masalah harga pasti benar-benar dapat dijangkau, untuk kamu yang lapar dan suka sekali jajan kamu tidak kehabisan uang. Oiya, ditambah kamu bisa juga mengobrol enjoy dengan penjual sekalian mecicipi makanan ini. Apa kamu udah mencoba?

2. Tahu Gimbal

Makanan nusantara selanjutnya adalah khas kota Semarang yang terbagi dalam kombinasi tahu yang digoreng, dipadukan dengan bermacam sayur seperti kol yang dirajang, telur, tauge dan lontong dan dihidangkan dengan siraman bumbu kacang encer.

Khas sekali karena memakai petis udang sebagai pengencernya. Lantas apakah arti dibalik nama tahu gimbal? Bukan lantaran pemiliknya mempunyai rambut yang gimbal ya, tapi gimbal ialah sebuah gorengan yang dibuat dari udang yang dimasak dengan tepung sampai garing dan dihidangkan dengan beberapa pelengkap.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut