get app
inews
Aa Read Next : 10 Cara Membuat Soft Cookies Agar Hasilnya Crispy Dari Luar dan Dalam

6 Makanan Nusantara dan Segelintir Cerita Unik Didalamnya!

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 14:35 WIB
header img
makanan nusantara (Foto: MIftahudin/doc. Sindonews)

3. Roti Ketawa

Dari namanya saja mungkin bakal bikin orang yang mau makannya berfikir keras, apakah kita bakalan ketawa setelah makan roti tersebut? Tidak boleh ketawa dahulu saat dengar kata roti ketawa ya!

Jadi roti khas Sumatera Utara ini berwujud bundar dan ada belahan di atasnya yang seperti sebuah senyum atau ketawa. Sama diberi dengan wijen di atasnya, roti ketawa kerap disebut sama dengan onde-onde, namun teksturnya keras.

Masakan nusantara ini gampang diketemukan di toko oleh-oleh Pematangsiantar. Ada dua tipe roti ketawa, yakni ukuran besar dan ukuran kecil, tetapi bila bertandang ke Sumatera Utara wujud aslinya umumnya memiliki ukuran besar. Roti ketawa yang panas akan berasa lebih halus dan renyah, hingga pas untuk dicicipi bersama satu cangkir teh hangat.

4. Kue Dolar

Seterusnya yok icip kue dolar. Banyak pula yang menduga saat dihadapkan dengan nama kue ini segala hal mengenai negara Paman Sam. Malah makanan ini datang dari kota Surabaya.

Makanan ini juga menjadi makanan khas kota Surabaya. Kue ini tidak seperti uang logam atau terkait dengan mata uang asing itu ya! Tetapi, memiliki bentuk yang bundar dan gepeng kemungkinan jadi alasan kenapa orang jaman dulu mengatakan kue dolar.

Karena proses pembikinannya yang diciptakan memang memakai cetakan besi atau alumunium.

Rasanya berbagai macam, ada yang renyah, gurih dengan taburan wijen, ada renyah keju, dan ada pula yang beraroma jahe. Kue dolar cukup identik sebagai kue tempo dahulu.

Usaha kue dolar pertama kalinya ada tahun 1936 yang dinamakan Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya. Sekarang, tokonya dapat kamu dapatkan di main hall tahap I dan III Pasar Atum, dan kamu juga dapat saksikan secara langsung pembuatan kue dolar di situ lho!

Bersamaan dengan berkembangnya permintaan, cemilan ini banyak memiliki variasi rasa, seperti keju, wijen, sampai jahe.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut