get app
inews
Aa Read Next : 10 Cara Membuat Soft Cookies Agar Hasilnya Crispy Dari Luar dan Dalam

6 Makanan Nusantara dan Segelintir Cerita Unik Didalamnya!

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 14:35 WIB
header img
makanan nusantara (Foto: MIftahudin/doc. Sindonews)

5. Kue Kentut

Asal timbulnya nama kue kentut ialah karena masakan nusantara khas Medan ini dibuntel oleh daun kentut yang mempunyai aroma tidak lezat seperti berbau kentut.

Tetapi, saat dikonsumsi kamu akan melihat warna dari nasi itu mempunyai warna kehijauan dan tercium aroma wangi. Nasinya juga diperlengkapi dengan beragam rempah-rempah berasa renyah dan lauk seperti ikan pepes, ayam goreng, dan tahu atau tempe.

Sedikit yang mengetahui jika daun kentut ialah tanaman obat yang tumbuh liar dan mempunyai manfaat seperti membantu memperlancar pencernanaan.

6. Kue Satu

Kue satu ini ramai dihidangkan ketika hari raya lho! Kemungkinan kamu seringkali menyaksikan kue satu jadi hidangan khas saat lebaran. Kue kecil warna putih ini salah satunya masakan nusantara peninggalan Jawa Barat yang telah ada dari dahulu.

Untuk orang yang mengenali kental budaya Pasundan, resep pembuatan kue satu telah diwariskan secara turun-temurun. Kue dengan bahan dasar kacang hijau ini bukanlah cuma datang saat perayaan besar, tetapi kerap dijadikan oleh-oleh dari tanah sunda.

Pembikinannya juga dipercayai masih memakai cara tradisional yang memakai pancaran cahaya matahari untuk keringkan kue.

Nah, sesudah ketahui riwayat dibalik asal mula makanan nusantara di atas, apa kamu makin berminat untuk mecoba? Yok icip makanan nusantara Indonesia!

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut