get app
inews
Aa Read Next : 5 Faedah Tapak Dara yang Perlu Dijumpai, Dijamin Aman!

Tips Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Dengan Mudah

Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:04 WIB
header img
Ilustrasi bunga anggrek (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Bunga anggrek diketahui sebagai salah satu bunga cantik dengan perawatan yang cukup membutuhkan ketelitian. Namun demikian, jika Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut maka anggrek yang ditanam akan bisa menghasilkan bunga yang cantik.

Cara Menanam Bunga Anggrek

1. Menyiapkan bibit bunga

 Pembibitan yang dilakukan ada dua cara, pertama ada pembibitan vegetatif dan yang kedua adalah dengan cara generatif.

Untuk pembibitan vegetatif, Anda perlu menyiapkan pot untuk tempat bibitnya. Lalu Anda bisa lakukan pemecahan maupun pemisahan dari induknya yang sudah muncul semacam tunas. Jangan lupa tunas yang dijadikan bibit itu wajib mempunyai akar yang cukup banyak dan kuat.

Jika Anda menggunakan cara generatif, maka Anda bisa melakukan penyemaian biji anggrek tersebut. Lalu jangan lupa sesuaikan kondisi lingkungan dari sisi suhu dan kelembapannya. Karena jika kondisi lingkungan untuk penumbuhan kurang sesuai dengan bibit anggrek, nantinya bisa membuat anggrek tidak tumbuh dengan maksimal dan sehat.

2. Menyiapkan media tanam

Jika semua bibit sudah siap, cara menanam bunga anggrek selanjutnya adalah Anda bisa menyiapkan media tanam terbaik supaya anggrek bisa tumbuh maksimal. Cukup dengan persiapkan pot tanaman ukuran sedang, lalu siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang fermentasi, serabut kelapa, kulit kelapa kering, arang, dan pecahan batu bata merah.

Untuk cara mencampurnya Anda harus meletakkan dahulu pecahan batu bata di bagian paling bawah lalu diikuti meletakkan kulit kelapa, serabut kelapa, dan terakhir adalah tanah yang sudah tercampur pupuk kandang di paling atas.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut