get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Memulai Bisnis kelapa Sawit yang Benar Agar Berhasil

Selasa, 23 Agustus 2022 | 23:42 WIB
header img
Ilustrasi Kelapa sawit (okezone.com)

4. Faktor Lain yang Harus Diperhatikan

Rasanya kita sudah cukup sering mendengar tentang banyaknya pelanggaran hukum yang terjadi akibat pembukaan lahan kelapa sawit. Oleh sebab itu Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lainnya yang tidak kalah pentingnya.

5. Jasa Manajemen yang Tepercaya

Di dalam bisnis perkebunan kelapa sawit dikenal adanya jasa manajemen yang bertugas untuk mengelola lahan. Jasa manajemen perkebunan sawit biasanya juga memberikan pendidikan tentang pengelolaan lahan dengan cara yang baik.

Pilihlah manajemen yang telah memiliki reputasi baik dan tepercaya kalau memang Anda akan menggunakan jasanya. Biasanya jasa manajemen yang tepercaya selalu mengutamakan survei dalam rangka mempertahankan kelestarian lingkungan sekitarnya.

6. Pastikan Legalitas Lahan Sawit

Kalau tidak ingin berurusan dengan hukum suatu saat nanti pastikan Anda memilih lahan perkebunan yang legal. Jangan memilih lahan untuk kelapa sawit pada kawasan hutan lindung atau hutan gambut yang dijadikan sebagai konservasi alam. Pemilihan lahan sebaiknya juga mendukung pelestarian alam dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya.

Itulah langkah dan cara untuk memulai bisnis kelapa sawit agar sukses dan hasilnya memuaskan. Sebaiknya lakukan bisnis dengan cara yang benar dan tidak membuka lahan kelapa sawit pada area yang berpotensi merusak lingkungan.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut