get app
inews
Aa Read Next : The Society Indonesia Gelar Pameran Brand Mewah, Penggemar Luxury Things Wajib Hadir

Jangan Panik Saat Setir Mobil Terkunci, Begini Cara Mengatasinya

Minggu, 28 Agustus 2022 | 06:03 WIB
header img
Ilustrasi Setir mobil terkunci (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Beberapa pemilik mobil mungkin pernah mengalami posisi stir mobil mengunci saat sedang parkir

Karena terkunci, stir mobil jadi tidak bisa diputar, baik ke kiri ataupun ke kanan. Jika hal tersebut terjadi, kamu perlu mengetahui cara membuka kunci stir mobil yang benar.

Kondisi tersebut tentu membuat pemilik mobil menjadi panik. Apalagi kalau kamu sedang terburu-buru.

Cara Membuka Kunci Stir Mobil yang Terkunci

Jika kunci stir mobil tidak mau terbuka, cobalah untuk membukanya dengan menggunakan pengapian sebelum memanggil bantuan orang lain atau jasa mekanik. 

Berikut ini kami berikan informasi tentang cara membuka kunci stir mobil yang terkunci.

1. Masukkan kunci ke kontak/celah pengapian mobil

Masukkan kunci ke celah pengapian seperti  saat kamu menyalakan mobil. Setelah itu, coba putar kuncinya. Jika kunci mobil mau berputar dan menyalakan kendaraan, maka kunci stir bersama dengan silinder pengapian akan terbuka.

2. Putar kunci perlahan

Jika tidak bisa juga atau stirnya masih terkunci, kamu perlu sedikit menekan kunci sesuai arah putarannya yang biasa. Akan tetapi, jangan terlalu memaksa ya. Hal tersebut dikhawatirkan kunci akan terpuntir dan patah. 

Jika kunci tidak berputar setelah sedikit ditekan, kemungkinan tekanan keras tidak dapat mengubah hasilnya. Jadi, sebaiknya kamu berikan tekanan ringan dan perlahan pada kunci dan beralih ke langkah berikutnya.

3. Tekan stir mobil

Stir mobil yang terkunci itu biasanya menggunakan pin di salah satu sisinya. Jadi ketika terkunci, putaran stir ke arah sisi pin yang terkunci sudah maksimal. Hal itulah yang membuat stir tidak bisa bergerak ke arah sebaliknya.

Untuk itu, tentukan arah stir agar tidak bisa bergerak terlebih dahulu, lalu tekan ke arah sebaliknya. Saat memutar kunci pengapian, pegang dengan tangan lainnya. 

Alasan Mengapa Stir Mobil Bisa Terkunci

Pada dasarnya, kondisi seperti ini terjadi karena bagian dari sistem keamanan yang ada di mobil itu sendiri. Namun, ada beberapa alasan lain yang dapat membuat setir mobil terkunci secara tiba-tiba. Berikut adalah penjelasan mengapa stir mobil bisa terkunci.

1. Pompa power steering mati

Pompa power steering mati.  Pompa steering sendiri adalah salah satu alasan setir mobil bisa dikendalikan dengan mudah sehingga kamu bisa berbelok ke kiri dan ke kanan tanpa ada masalah.

Jadi, saat pompa steering mati, maka setir kamu juga jadi susah digerakkan. Salah satu pemicunya adalah karena kamu sering mematikan mesin mobil secara tiba-tiba. Nah, oleh karena itu jangan sering-sering melakukan hal itu ya jika tidak mau setir mobil kamu jadi terkunci. 

2. Kunci mobil kotor

Karena kunci mobil tidak dirawat dengan baik. Meskipun kunci mobil jarang sekali rusak, tetapi kamu juga perlu memperhatikan dan menjaga kondisinya agar tetap bisa digunakan.

Hal tersebut dikarenakan debu atau kotoran yang menempel dapat menumpuk di kunci, sehingga membuat stir mobil menjadi terkunci sendiri. Jadi, sering-sering membersihkannya ya!

3. Akibat menikung tajam

Karena kamu atau pengemudi mobil yang kurang baik dalam mengendalikan kemudi saat melewati belokan atau posisi menikung. Hal ini juga menyebabkan terjadinya kerusakan pada stir mobil itu sendiri.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebenarnya stir mobil yang mengunci itu adalah bagian dari sebuah fitur keamanan yang memang disematkan pada kendaraan. Namun, hal ini jarang atau bahkan tidak diketahui oleh pemilik mobil. Sebab, fitur keamanan ini bekerja ketika mobil sudah dalam kondisi mesin mati dan terparkir.

Saat mesin yang telah mati atau kunci dicabut dan stir dipaksa diputar 50 hingga 60 derajat ke kiri atau ke kanan, maka stir mobil akan secara otomatis mengunci sendiri. 

Berikan perlindungan untuk kendaraanmu dari kerusakan dengan menggunakan asuransi mobil. Jaga keamanan dan kenyamanan berkendara dari risiko finansial akibat kejadian tak terduga di jalan dengan asuransi kendaraan terbaik.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut